Mahasiswa KKN UNDIP Mengadakan Pelatihan Pembuatan Brosur dan Poster Secara Online Untuk Memasarkan Produk UMKM Desa Karangjoho

Whats-App-Image-2022-08-06-at-17-54-46

Purbalingga (10/8) Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 2 Universitas Diponegoro Tahun 2021/2022 melaksanakan kegiatan KKN di Desa Karangjoho Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga secara berkelompok. Setiap mahasiwa harus memiliki sebuah program individu yang sesuai dengan jurusan nya. Salah satu mahasiswa yang berasal dari jurusan Sejarah, mengadakan pelatihan untuk pembuatan poster dan brosur dalam rangka untuk mempromosikan UMKM di Desa Karangjoho. Pembuatan brosur dan poster ini, sejalan dengan jurusan Sejarah yang didalam nya juga terdapat ilmu sinematografi.
Desa Karangjoho sendiri, memiliki jumlah UMKM kripik singkong dan talas yang cukup banyak dan sangat potensial jika dipasarkan dengan lebih moderen. Sayang nya, pemasaran selama ini yang berlaku hanya sebatas door to door dan atau melalui relasi nya. Dengan demikian, produk ini kurang maksimal dalam penjualan nya.
Berkaitan dengan hal tersebut, maka sangat perlu dibuat poster dan brosur yang dapat menjangkau masyarakat secara luas. Pelatihan pembuatan poster ini, sejalan dengan pelatihan digital marketing yang dijalan kan juga oleh salah satu anggota KKN UNDIP di desa Karangjoho. Poster dan brosur ini, dibuat melalui aplikasi online bernama Canva. Pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus 2022 ini, bertempt di aula desa Karangjoho dan diikuti oleh warga desa yang memiliki UMKM.
Sesi yang berlangsung selama kurang lebih 1 jam ini, telah membuka cara baru bagi warga desa Karangjoho dalam memasarkan produk-produk UMKM mereka ke khalayak luas. Tidak kurang dari 10 pertanyaan muncul setelah sesi ini berakhir. Pelatihan ini, disambut dengan antusias dan semangat oleh warga. Setelah pelatihan selesai, beberapa warga menghubungi untuk berdiskusi lebih lanjut lagi. Diharapkan, warga yang memiliki UMKM dapat memasarkan produk nya dengan baik, dan mendapat keutungan lebih.