E-Commerce Menguasai Perdagangan, Mahasiswa KKN KKN UNDIP TIM II 2021/2022 Edukasi Siswa SMAN 98 Jakarta E-Commerce/Perdagangan Elektronik

14605292-DED5-4-F78-B3-AF-2-F86457-F88-C0

Gambar 1. Penyampaian Materi Program Mengenal Lebih Dekat Dengan E-Commerce

E-Commerce sudah menjadi suatu kewajiban bagi perusahaan-perusahaan besar apabila ingin melakukan penjualan produk maupun jasa mereka. Dalam dunia E-Commerce kegiatan jual beli terjadi dalam setiap detik di seluruh belahan dunia tanpa harus melakukan kontak langsung. Hal ini membuktikkan bahwa E-Commerce sangat lah fleksibel bisa dilakukan kan dimanapun dan kapapun serta mudah untuk diakses. Pada tahun 2021, Indonesia menjadi negara dengan presentase tertinggi di seluruh dunia dalam penggunaan E-Commerce sebesar 88,1%.

Hampir seluruh perusahaan melakukan perdagangan mereka melalui media E-Commerce yang sangat membantu mereka. Electronic Commerce (E-Commerce) secara umum merupakan kegiatan bisnis (perniagaan/perdagangan) atau jasa yang berhubungan erat dengan konsumen (Consumers), Manufaktur, Internet Service Provider (ISP) dan Pedagang Perantara (Intermediateries) dengan menggunakan media elektronik. Dalam hal ini media elektronik utama dengan menggunakan internet. Namun faktanya masih banyak generasi muda yang terlalu nyaman menjadi sisi konsumen saja dalam penggunaan E-Commerce. Kebanyakan dari mereka tidak ingin mengambil risiko yang akan dihadapi.

Oleh karena itu, Stephen H. Marcelo, mahasiswa program studi Administrasi Bisnis Universitas Diponegoro, melakukan edukasi pentingnya digital marketing melalui program Mengenal Lebih Dekat Dengan E-Commerce, sebagai salah satu upaya meningkatkan wawasan dan juga kesiapan bisnis siswa-siswi SMAN 98 Jakarta mengenai konsep dasar dan juga pemanfaatan E-Commerce.

4492202-B-5808-457-A-8-E0-B-DD76-CC225-A08

Gambar 2. Problem Solving contoh Study Case E-Commerce

Program Mengenal Lebih Dekat Dengan E-Commerce dilaksanakan pada tanggal 4 Agusuts 2022 dengan durasi 45 menit di SMAN 98 Jakarta. Program ini diikuti oleh 30 siswa kelas XI IPS-4. Materi yang disampaikan pada program ini, yaitu konsep dasar E-Commerce, perkembangan E-Commerce di Indonesia dan juga Dunia, ruang lingkup E-Commerce, dan juga study case E-Commerce. Pada akhir rangkaian acara, Stephen membagikan link evaluasi dalam bentuk google form kepada para siswa untuk mengevaluasi program yang diberikan.

32-A8-D4-A7-7-F40-4-D8-C-AB5-A-2256348050-B8

Gambar3. Pengisian Evaluasi oleh Para Siswa Terhadap Keberlangsungan Program

Dalam rangka keberlanjutan program, Stephen membagikan modul kepada pihak SMAN 98 Jakarta. Selain itu, Stephen juga membagikan modul dalam bentuk digital kepada siswa-siswi XI MIPA 4 SMAN 98 Jakarta sebagai bahan pembelajaran.

Penulis : Stephen Hammel Marcelo (Administrasi Bisnis — Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)