Permintaan Kebutuhan Energi Listrik meningkat, Mahasiswa Tim II KKN Undip ajarkan Tips Menghemat Energi

mono2

Wonotingal (1/8) Seiring dengan berjalannya zaman, perkembangan teknologi menyebabkan permintaan kebutuhan energi fosil menjadi sangat tinggi sehingga biaya yang dikeluarkan negara dalam penyediaan energi menjadi mahal. Selain itu, hal ini juga menyebabkan berbagai permasalahan seperti polusi yang disebabkan oleh penggunaan atau produksi energi fosil. Salah satu aspek terbesar yang menyebabkan tingginya permintaan energi fosil adalah konsumsi listrik dan penggunaan kendaraan bermotor.
Menanggapi masalah tersebut, Mahasiswa Tim II KKN Undip memberikan edukasi kepada masyarakat Wonotingal terkait pentingnya menghemat energi dan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari. Tujuannya tidak lain agar masyarakat bisa menghemat energi melalui tindakan kecil sehari-hari di rumah. Dengan menghemat energi, maka akan menekan biaya pengeluaran berumah tangga karena apabila kita boros menggunakan energi listrik maka biaya tagihan listrik akan meningkat.
Program KKN ini dilakukan secara door to door ke rumah warga selama enam hari di RT 01 sampai 06 RW 06 Kelurahan Wonotingal, Kecamatan Candisari, Kota Semarang. Tim KKN Undip langsung terjun ke rumah warga untuk bersosialisasi memberikan penyuluhan pentingnya hemat energi, selain itu dibagikan juga leaflet dan pemasangan poster sebagai media cetak informasi terkait hemat energi.
Ada beberapa tips untuk menghemat energi loh! Untuk menghemat energi listrik kita bisa mematikan lampu di pagi dan siang hari, menggunakan lampu jenis LED juga lebih hemat listrik hingga 90% dibandingkan lampu pijar, atau kita bisa memanfaatkan sumber cahaya matahari untuk menerangi ruangan di siang hari. Selain itu, bijak dalam menggunakan air sesuai kebutuhan dan menampung air hujan untuk berbagai keperluan juga akan mengurangi konsumsi energi listrik. Hemat dalam menggunakan energi fosil juga sangat penting karena jumlahnya yang terbatas, caranya dengan mengurangi penggunaan kendaraan motor untuk jarak dekat, selain mengkonsumsi bahan bakar fosil kendaraan bermotor juga menghasilkan polusi udara yang akan mencemari lingkungan.