Bahaya Polusi Udara dan Kebisingan, Mahasiswa KKN UNDIP Edukasikan Pentingnya K3 Lingkungan Kerja dalam Sektor Perkantoran di Sekitar Jalan Raya Dokter Wahidin, Jatingaleh

S-15163410

Semarang, 3 Agustus 2022, Ana (21) Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Semarang melakukan program pengendalian faktor fisika lingkungan kerja berbasis keselamatan dan kesehatan kerja pada sektor perkantoran. Kegiatan ini dilaksanakan di area perkantoran dan pertokoan sekitar Jalan Dokter Wahidin, RW 01 Kelurahan Jatingaleh.

Area perkantoran dan pertokoan di sekita Jalan Dokter Wahidin, yang notabenenya merupakan jalan raya utama di area Jatingaleh, memiliki risiko sumber bahaya yang lebih besar dari faktor fisika, khususnya kadar debu dan kebisingan.

Kadar debu dan kebisingan suatu tempat usaha tidak boleh melebihi NAB yang telah ditentukan. NAB atau Nilai Ambang Batas menurut Permenaker No. 5 Tahun 2018 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan Kerja adalah standar faktor bahaya di tempat kerja sebagai kadar/intesitas ratarata tertimbang waktu yang dapat diterima tenaga kerja tanpa mengakibatkan penyakit atau gangguan kesehatan dalam pekerjaan sehari-hari untuk waktu tidak melebihi 8 jam sehari atau 40 jam seminggu.

NAB yang telah ditetapkan untuk faktor fisika kebisingan yaitu 85 dBA, sedangkan NAB untuk faktor fisika debu di lingkungan kerja adalah 2 mg/m3.

S-15163413

(Dokumentasi Kegiatan)

Dalam kegiatan ini dilakukan pengecekan kebisingan dan kadar debu di tiap-tiap ruangan kerja serta edukasi mengenai peraturan, NAB, bahaya yang dapat ditimbulkan dari adanya paparan kebisingan dan debu di sekitar area kerja, serta upaya pengendalian yang dapat diterapkan untuk mengurangi bahaya paparan yang dirasakan oleh tenaga kerja.
Para pemilik usaha merasa senang dengan adanya program ini. Karena program ini dapat membantu mereka untuk mengetahui informasi mengenai keselamatan dan kesehatan kerja yang apabila terlaksana dengan baik dapat menjadi investasi jangka panjang untuk keberlanjutan produktivitas usaha mereka.

Penulis : Ana Zarir Fatikha Anwar (Fakultas Kesehatan Masyarakat)
Editor : Hendrik Anggi Setyawan, S.Pi., M.Si.
Lokasi : Kelurahan Jatingaleh, Kota Semarang