ANAK – ANAK YOSOREJO: YUK BELAJAR JUJUR DARI KANTIN KEJUJURAN

 

Pekalongan (27/07), Tim II KKN Universitas Diponegoro Desa Yosorejo, Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan telah melaksanakan program kantin kejujuran di SDN 02 Yosorejo pada hari Kamis, 27 Juli 2017. Kami melaksanakan program tersebut dimaksud untuk mengajarkan anak – anak SD belajar jujur sejak dini. Krisis kejujuran merupakan problem moral yang harus di antisipasi melalui pendidikan karakter untuk membangun generasi penerus bangsa yang bermartabat. Kantin kejujuran merupakan kantin yang menjual makanan ringan yang dipajang dan pada tempat tersebut disediakan sebuah toples uang sehingga siswa dapat membayar maupun mengambil kembalian dari dalam toples tersebut tanpa harus diawasi oleh pegawai kantin. Tujuan utamanya adalah mengukur kejujuran anak didik sehingga mereka akan menjadi anggota masyarakat yang jujur ke depan.

Dalam pelaksanaannya, partisipasi dari para siswa sangat baik dan mereka sangat antusias dengan kantin kejujuran tersebut. Dari jumlah makanan yang dijual dan jumlah uang yang masuk, dapat diketahui bahwa tingkat kejujuran di SDN 02 Yosorejo tergolong tinggi. Tingkat kesadaran akan kejujuran tinggi karena isi uang yang terdapat di dalam toples yang tersedia sesuai dengan perhitungan snack yang harus dibayar.

 

yosorejo kajur 1 yosorejo kajur 2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SEHAT BERSAMA YOSOREJO: POSYANDU UNTUK ANAK BALITA

 

 

Pekalongan (19/07) , Salah satu kegiatan dari Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yaitu kegiatan posyandu. Kegiatan posyandu diadakan secara rutin setiap hari Rabu . Kegiatan posyandu untuk usia balita dilakukan dengan bergilir  antar dusun yang ada di Desa Yosorejo. Ada 4 dusun yang ada di Desa Yosorejo, yakni Dusun Sumurwetan, Dusun Sumurkulon, Dusun Yosorejo, dan Dusun Sibodak.

 

Tim KKN II Universitas Diponegoro Desa Yosorejo, Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan membantu PKK dalam kegiatan posyandu Balita di Posyandu Mawar, Dusun Sumurwetan. Kegiatan posyandu di Desa Yosorejo berlangsung dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB. Kegiatan posyandu ini berjalan dengan lancar. Pada saat tim KKN II UNDIP Desa Yosorejo melakukan kegiatan posyandu, kegiatan – kegiatan tersebut yaitu penimbangan berat badan pada Balita, Imunisasi Rubella pada balita dan pemeriksaan ibu hamil. Imunisasi MR (Measles Rubella) yaitu kegiatan imunisasi secara masal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella. Imunisasi ini bisa dilakukan pada anak usia 9 bulan hingga 15 tahun tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

Di Dusun Sumurwetan, terdapat kurang lebih 40 balita. Jumlah anak balita tersebut merupakan jumlah yang terbanyak apabila dibandingkan dengan dusun – dusun lainnya yang rata – rata hanya 20 balita.