Gerakan Zero Waste, Mahasiswa Tim II KKN Undip Melakukan Kegiatan Sosialisasi Pengenalan Budaya 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Kepada Masyarakat Wilayah RW 02, Kel. Harjamukti, Kec. Cimanggis, Kota Depok.

Whats-App-Image-2022-08-12-at-07-48-01

Harjamukti, Depok (30/07/2022), Kita tentu hidup di suatu lingkungan, yang mana lingkungan ini dapat menjadi cerminan bagi seseorang. Apabila lingkungannya bersih maka masyarakat disitu tentu rajin dan peduli terhadap lingkungannya, sedangkan apabila lingkungannya kotor maka masyarakat disitu tentu pemalas dan tidak peduli terhadap lingkungan sekitar. Kita sebagai masyarakat tentu saja harus peduli terhadap lingkungan sekitar kita, karena hal tersebut tentu akan kembali lagi terhadap kita. Saat ini, sampah masih menjadi masalah klasik yang belum juga dapat berakhir di Indonesia. Bahkan setiap tahunnya sampah di Indonesia semakin meningkat. Hal tersebut bisa kita lihat dari konsumsi masyarakat yang semakin-makin dalam penggunaan bahan plastik.

Pemerintah Indonesia sendiri juga sudah melakukan beberapa cara agar mengurangi sampah plastik yang ada di Indonesia. Seperti tidak menggunakan kantong plastik lagi di beberapa retail yang ada di Indonesia. Walaupun terjadi beberapa perdebatan, tetapi hal tersebut terbukti mengurangi sampah plastik di Indonesia sebesar 60% pada tahun 2016 (Kompasiana, 2018).. Selain itu, pemerintah juga turut ikut bekerjasama dengan World Economics Forum (WEF). Namun, upaya pemerintah saja tidak cukup tentunya dimana dalam mengurangi jumlah sampah, diperlukan partisipasi masyarakat tentunya sebagai konsumen utama. Maka dari itu, diperlukanlah perhatian lebih dalam mengenalkan masyarakat mengenai pengelompokan dan pengelolaan sampah, salah satunya dengan melaksanakan budaya 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

Whats-App-Image-2022-08-12-at-07-52-52

Maka dari itu, Mahasiswa KKN UNDIP berusaha memberikan sosialisasi edukasi guna untuk mengenalkan budaya 3R yang berguna untuk mengelompokan dan mengelola sampah kepada masyarakat di wilayah Kampung Pedurenan RW. 02. Hal tersebut juga dikarenakan wilayah Kampung Pedurenan RW 02 yang belum terlalu sadar akan pengelompokan dan pengelolaan sampah di wilayahnya. Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Universitas Diponegoro yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN UNDIP berupa sosialisasi literasi mengenai budaya 3R.

Selain itu, Mahasiswa KKN UNDIP juga menyediakan materi berbentuk e-book yang dapat diakses melalui barcode dan link yang sudah dilampirkan di brosur yang sudah ditempel dan dibagikan di wilayah RW 02, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. Yang mana beberapa informasi yang dapat dilihat seperti pemahaman mengenai pengelompokan sampah dan budaya 3R itu sendiri, kemudian juga ada manfaat dalam menjaga kelestarian lingkungan, dan dampak apabila kita tidak peduli terhadap lingkungan.

b742e810-f445-40cd-a7d8-940a9d463704

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan serta kesadaran masyarakat akan pengelompokan dan pengelolaan sampah melalui budaya 3R terutama bagi masyarakat di wilayah RW 02, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, agar dapat membuat lingkungan sekitarnya kembali menjadi asri.

Penulis: Muhammad Bintang Azindan
DPL: Asri Nurdiana, S.T., M.T.
Lokasi: RW 02, Kel. Harjamukti, Kec. Cimanggis, Kota Depok