Mahasiswa KKN UNDIP Bantu Usaha di Kelurahan Tawangmas !
Semarang (9/08/2022) – Konsumen adalah orang yang hanya akan menggunakan produk yang dibeli tanpa dijual kembali pada pihak-pihak tertentu. Lebih sederhananya, konsumen adalah pihak yang membayar untuk mendapatkan jasa atau produk untuk memenuhi kebutuhan. Sedangkan pemasaran adalah strategi bisnis yang mengacu pada aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk mempromosikan penjualan suatu produk. Kedua aspek ini sangat penting untuk dipahami untuk seseorang yang ingin memulai suatu usaha.
Saat kami melakukan survey di kelurahan Tawangmas, dapat kami pahami bahwa di kelurahan Tawangmas banyak sekali perusahaan-perusahaan rintisan yang tersebar dimana-mana dengan skala usaha yang bervariatif pula. Melihat hal ini, kami merasa bahwa dibutuhkan suatu media penyebar informasi yang mudah diakses oleh masyarakat Kelurahan Tawangmas. Informasi yang berkaitan dengan konsumen dan pemasaran merupakan informasi penting yang dibutuhkan oleh seseorang yang ingin merintis usaha. Tanpa konsumen usaha tidak akan berjalan dan tanpa pemasaran usaha tidak akan dapat menghubungi konsumen yang tepat.
Tujuan dari program ini seperti yang sudah disebutkan diatas adalah memfasilitasi masyarakat Kelurahan Tawangmas yang ingin merintis usaha dengan cara menyediakan booklet berisi informasi produktif yang akan mendukung proses merintis usaha masyarakat Kelurahan Tawangmas. Program ini dilaksanakan dengan memberikan bukti fisik berupa booklet kepada pihak Kelurahan Tawangmas.
Program kami dianggap sangat berguna bagi masyarakat Kelurahan Tawangmas, salah satu pegawai di Kelurahan Tawangmas memberikan ucapan terima kasih dan memahami tingkat urgensi masalah yang disebutkan sehingga program ini dapat menjadi salah satu pembantu pemecahan masalah yang ada di Kelurahan Tawangmas.