NYAMUK HILANG, WIRODITAN SENANG.

PEKALONGAN, BOJONG-Pemberantasan nyamuk merupakan salah satu kegiatan rutin yang diadakan di Desa Wiroditan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Pelaksanaan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) ini dilakukan oleh pihak kecamatan, pihak puskesmas, warga sekitar dan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim I Tahun 2017/2018. Kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya sarang nyamuk penyebab penyakit seperti demam berdarah (DBD), malaria, dan kaki gajah. PSN ini sudah berjalan selama satu tahun terakhir di RT 2 Desa Wiroditan setiap 1 bulan sekali.

Beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain pemeriksaan bak kamar mandi dan sumber air yang ada di lingkungan sekitar rumah warga. Setelah dilakukan pemeriksaan, dilakukan pencatatan mengenai ada atau tidaknya jentik-jentik nyamuk yang ada di bak kamar mandi. apabila terdapat jentik-jentik nyamuk maka pemilik rumah akan diberi obat Abate.

Pemberian Abate lebih efektif dibandingkan dengan pelaksanaan fogging, karena asap yang dihasilkan dari fogging mengakibatkan telur muda nyamuk lebih cepat untuk menetas dan asapnya tidak baik untuk pernafasan balita. Dari kegiatan ini diharapkan warga terbebas dari penyakit yang ditularkan oleh nyamuk dan meningkatan kesadaran warga tentang pentingnya kesehatan dan kebersihan lingkungan.