Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Hadirkan Ruang Baca Anak di Desa Harjamukti sebagai Upaya dalam Meningkatkan Minat Baca

Harjamukti, Depok (23/07/22) — berkembangnya teknologi dan informatika membuat masyarakat tidak dapat lepas dari telepon genggam. Hal ini yang juga terjadi pada anak-anak di zaman sekarang dimana mereka lebih sering menghabiskan waktunya untuk bermain ponsel daripada membaca buku. Bahkan, Literasi Indonesia menduduki peringkat ke-62 dari 70 negara. Angka tersebut tentu saja sangat memprihatinkan, mengingat generasi saat ini lah yang akan membawa Indonesia untuk maju di masa depan.

Melihat permasalahan tersebut, mahasiswa dari tim KKN II Universitas Diponegoro yakni Tsamara Zafira Zehan Alfania (15000119130241) berupaya untuk meningkatkan Kembali minat baca di kalangan anak-anak. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi minat baca anak, salah satunya adalah kurangnya fasilitas atau ruang untuk membaca saat berada di rumah atau di lingkungan tempat tinggalnya. Oleh karena itu, Tim II KKN Universitas Diponegoro berupaya untuk membangun ruang baca anak dengan menyediakan perpustakaan mini beserta buku-bukunya di kelurahan Harjamukti, Kota Depok, Jawa Barat.

Pengadaan ruang baca anak ini mendapatkan respon yang positif dari anak-anak di kelurahan Harjamukti. Mereka secara antusias memilih buku-buku yang disediakan dan saling menunjukkan pada temannya apa yang sedang mereka baca. Bahkan, anak-anak tersebut mengajak teman-teman lainnya untuk bergabung membaca buku Bersama mereka.
Tim II KKN Universitas Diponegoro berharap dengan adanya ruang baca ini maka minat baca anak-anak di kelurahan Harjamukti dapat meningkat. Selain itu, diharapkan juga agar perpustakaan tersebut dapat terjaga,bertahan, dan berkembang seiring dengan waktu.

Penulis : Tsamara Zafira Zehan Alfania
DPL : Asri Nurdiana S.T., M.T.
Lokasi : Kel. Harjamukti, Kec. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat

dokumentasi: 1. https://ibb.co/ZJnv5F7 (ruang baca anak)
2. https://ibb.co/Fxcnqtn (dokumentasi kegiatan)