PERLUNYA PEMAHAMAN KONSEP GOOD GOVERNANCE, MAHASISWA KKN UNDIP SOSIALISASIKAN PENTINGNYA GOOD GOVERNANCE DALAM MEMAJUKAN MASYARAKAT

Semarang (7/8) – Good governance berarti kegiatan suatu lembaga pemerintah yang dijalankan berdasarkan kepentingan rakyat dan norma yang berlaku untuk mewujudkan cita-cita negara. Good governance merupakan landasan penyelenggaraan pemerintahan yang menekankan tentang pentingnya kolaborasi dalam kesetaraan dan keseimbangan antara sektor publik, sector swasta dan mayarakat. Dengan adanya konsep good governance, diharapkan penyelenggaraan pemerintahan dapat berjalan dengan efektif, efisien, transparan, akuntabel, dan bertanggung jawab.

Konsep good governance muncul karena adanya ketidakpuasan pada kinerja pemerintahan yang selama ini dipercaya sebagai penyelenggara urusan publik. Namun, ksistensi good governance yang selama ini dielu-elukan, faktanya saat ini masih menjadi mimpi dan hanyalah esebatas jargon belaka. Oleh karena itu, salah satu anggota dari Tim II KKN Undip 2021/2022 yang ditempatkan di Kelurahan Pleburan, yakni Nevan Alsya dari Prodi Ilmu Pemerintahan membuat sosialisasi mengenai pentingnya good governance dalam memajukan masyarakat.

Sosialisasi ini dilaksanakan di Balai Kelurahan Pleburan, Semarang yang dihadiri oleh remaja daerah sekitar. Dalam sosialisasi tersebut, mahasiswa membahas mengenai konsep good governance, apa saja karakteristik dari good governance, dasar hukum yang mengatur tentang good governance, serta memberikan contoh negara-negara mana saja yang telah menjalankan konsep good governance. Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman mengenai pentingnya Good Governance dalam memajukan masyarakat.

Kegiatan sosialisasi ini diakhiri dengan memberikan makanan ringan kepada peserta yang hadir dalam sosialisasi tersebut.

#p2kkn #undip #KKNtimIIperiode2022 #lppmundip

Penulis : Nevan Alsya Kalihva – Ilmu Pemerintahan
Editor (DPL) : Rosyida S.P., M.Sc.
Lokasi : Kelurahan Pleburan, Kecamatan Semarang Selatan, Semarang, Jawa Tengah