Sukseskan UMKM, Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Berikan Psikoedukasi tentang Marketing ala Psikologi
Semarang, (10/8/2022) – Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk berinteraksi dengan masyarakat di luar kampus, dan secara langsung mengidentifikasikan masalah-masalah serta membantu menangani permasalahan yang dihadapi masyarakat dalam pembangunan wilayah di lokasi KKN. Kegiatan KKN dilakukan oleh sebagian besar universitas di Indonesia, termasuk Universitas Diponegoro. KKN Universitas Diponegoro merupakan salah satu kegiatan Mahasiswa Universitas Diponegoro yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat sesuai bidang keilmuannya. Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro diberikan kesempatan untuk memberikan berbagai kontribusi untuk membantu dan mengabdi kepada masyarakat, tidak terkecuali mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.
Banyak kontribusi yang mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Fakultas Psikologi berikan, salah satunya adalah upaya untuk menyukseskan UMKM di kelurahan setempat. UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah, yaitu usaha atau bisnis yang dilakukan oleh individu, kelompok, badan usaha kecil, maupun rumah tangga. Keberadaan UMKM di Indonesia tentunya sangat diperhitungkan, sebab UMKM memiliki kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, UMKM adalah salah satu bagian penting dalam perekonomian Indonesia. Saat ini, dari waktu ke waktu jumlah UMKM di Indonesia semakin meningkat. Namun, saat ini masih banyak UMKM yang belum berhasil untuk berkembang menjadi lebih besar. Akibatnya, tidak sedikit UMKM yang akhirnya gulung tikar dan tidak berjalan lagi. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan UMKM belum dapat berkembang, salah satunya adalah kurangnya pengetahuan mengenai strategi pemasaran yang dapat mengembangkan penjualan dari UMKM. Saat ini pun, zaman sudah semakin berkembang dengan adanya digitalisasi dari waktu ke waktu. Semua yang bermula dari hanya promosi melalui media cetak saja, kini promosi bisa dilakukan melalui internet, media sosial, dan konten-konten yang dibuat untuk mengembangkan suatu usaha.
Bergerak dari masalah tersebut, Mahasiswa Psikologi Universitas Diponegoro asal Semarang, Fadilla Risa Damayanti, membuat program pengabdian masyarakat berupa pemberian edukasi mengenai “Pemanfaatan Marketing Psychology untuk Pemberdayaan UMKM Kelurahan Petompon”. Program ini adalah program yang berfokus pada promosi UMKM di Kelurahan Petompon, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang. Program ini berupa pemberian pencerdasan tentang trik marketing ala psikologi yang bisa digunakan untuk meningkatkan promosi produk UMKM Kelurahan Petompon. Program ini mendukung SDGs nomor 8, yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.
Program ini dilaksanakan pada tanggal 4 dan 7 Agustus 2022 yang berlokasi di Kelurahan Petompon. Program ini berupa pencerdasan mengenai trik marketing ala psikologi untuk mempromosikan produk yang dihasilkan oleh UMKM Kelurahan Petompon melalui leaflet sebagai media baca audiens. Keberjalanan program tersebut juga didukung oleh stakeholders setempat, diantaranya adalah pemilik UMKM di Kelurahan Petompon serta perangkat Kelurahan Petompon. Antusiasme pemilik UMKM sangat dirasakan ketika mahasiswa KKN Undip memberikan pencerdasan mengenai trik marketing untuk memajukan UMKM setempat.
Risa berharap dengan adanya program ini, UMKM khususnya di Kelurahan Petompon dapat lebih berkembang dan meningkat penjualannya. “Saat ini, harapan saya dengan memberikan pengetahuan yang saya pelajari di psikologi mengenai bagaimana trik marketing psikologi yang dapat diterapkan ini dapat membantu para UMKM di Kelurahan Petompon, dan semoga setelah ini para UMKM dapat meningkat penjualannya sehingga menghasilkan lebih banyak keuntungan untuk usahanya” ujar Risa saat melaksanakan program tersebut.
Penulis : Fadilla Risa Damayanti
DPL : Dr. Eng. Agus Setyawan, S.Si, M.Si
Lokasi : Kelurahan Petompon, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang