Pentingnya Memulai Green Marketing untuk Mendukung SDG’s pada UMKM di Kelurahan Tinjomoyo oleh Mahasiswa KKN Undip Tim II 2022

IMG-1763

Tinjomoyo, Banyumanik, Semarang (11/08/2022) – Mahasiswi anggota KKN Undip Tim II Tahun 2022, Khalisha Anjaina Azka (21) Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik telah mengadakan sosialisasi edukasi green marketing pada UMKM Lumintu Kelurahan Tinjomoyo, Kota Semarang pada Rabu (20/7) berupa membagikan poster serta reusable bag dan kemasan ramah lingkungan sebagai awal untuk memulai penerapan green marketing pada usaha mereka.

Program edukasi green marketing pada UMKM ini menjadi salah satu program monodisiplin yang diberikan pada UMKM Lumintu di Kelurahan Tinjomoyo selaras dengan SDG’s ke-12 yaitu konsumsi dan produksi yang bertanggungjawab serta SDG’s ke-13 yaitu penanganan perubahan iklim.

IMG-1770

Di Indonesia, sampah plastik menjadi limbah terbesar kedua diantara limbah lainnya dimana rata-rata merupakan limbah kemasan produk sekali pakai. Pengelolaan sampah plastik di Indonesia sendiri masih terbilang cukup rendah dilihat dari sulitnya plastik untuk terurai serta jumlah limbah plastik yang terus meningkat tiap harinya.

Dari permasalahan tersebut, muncul cara pengurangan penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Diantaranya pada sektor ekonomi, mulai diterapkannya penggunaan kemasan ramah lingkungan yang dapat didaur ulang (recycle) atau digunakan kembali (reusable) melalui Green Marketing. Green Marketing yaitu kegiatan pemasaran yang bertanggung jawab terhadap lingkungan, dengan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Pada program edukasi Green Marketing ini, peserta yang turut berpartisipasi sebanyak 8 orang pemilik UMKM di Kelurahan Tinjomoyo. Mahasiswi berkeliling untuk membagikan poster, reusable bag, dan kemasan ramah lingkungan serta memberikan edukasi terkait green marketing pada para UMKM.

Antusiasme para pemilik UMKM terhadap program ini sangatlah baik dan positif, dimana beberapa pemilik UMKM Lumintu Tinjomoyo sudah menggunakan kemasan ramah lingkungan pada produk kemasan mereka. Bagi UMKM yang belum menerapkan, mereka turut bersemangat untuk menerapkan green marketing pada usaha mereka dimana setelah menerima reusable bag dan kemasan ramah lingkungan, mereka langsung menggunakannya pada produk mereka.

Dari program edukasi Green Marketing pada UMKM Lumintu di Kelurahan Tinjomoyo ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran pemilik usaha untuk mulai mengurangi penggunaan plastik dengan mengganti kemasan produk mereka menjadi kemasan yang lebih ramah lingkungan, sehingga dapat membantu mengurangi limbah plastik di Indonesia yang sulit untuk dikelola.

Penulis: Khalisha Anjaina Azka Athiyya – 14030119190163
DPL: Retna Hanani, S.Sos, MPP
S1 Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik