Kampanye Gemarikan: Edukasi Diversifikasi Produk Perikanan mengenai Abon Ikan Lele oleh Mahasiswa KKN UNDIP

Waleng, Girimarto, Kabupaten Wonogiri (4/8/2022) – Masa pemulihan pasca lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi saat ini membuat Pemerintah menghimbau masyarakat untuk tetap menjaga imunitas tubuh melalui penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari menjaga kebersihan lingkungan hingga mengonsumsi makanan yang sehat serta bergizi seperti ikan. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN UNDIP berinisiatif untuk melakukan kampanye GEMARIKAN (Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan) melalui edukasi diversifikasi produk hasil perikanan.

IMG-6585

Dokumentasi Edukasi Diversifikasi Produk Hasil Perikanan

Kampanye GEMARIKAN (Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan) merupakan salah satu program yang digagas oleh KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) yang bertujuan untuk meningkatkan angka konsumsi ikan di Indonesia. Hal tersebut dicanangkan karena tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia masih terbilang rendah.

poster-kkn-29-7-48cm

Kampanye GEMARIKAN yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN Tim II UNDIP berupa Edukasi Diversifikasi Produk Hasil perikanan mengenai Abon Ikan Lele. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan sasaran program pelaku UMKM di Desa Waleng, Kecamatan Girimarto pada Hari Kamis (4/8/2022). Tujuan dari kegiatan tersebut untuk mengenalkan produk perikanan kepada masyarakat serta meningkatkan konsumsi ikan pada warga Desa Waleng melalui produk diversifikasi. Sasaran program yang ditujukan kepada pelaku UMKM bermaksud supaya para pelaku UMKM tersebut dapat memasarkan produk secara luas sehingga lebih banyak masyarakat yang mengenal produk perikanan.

Whats-App-Image-2022-08-12-at-1-45-14-PM

Kegiatan edukasi terdiri dari pemaparan materi menggunakan PowerPoint mengenai produk perikanan dan manfaatnya, pengenalan produk berupa abon ikan lele, serta penayangan video pembuatan abon ikan lele. Aktivitas edukasi berjalan dengan lancar ditandai dengan tingkat atusiasme pelaku UMKM yang hadir pada kegiatan tersebut. Pelaku UMKM banyak memberikan pertanyaan maupun merespon pertanyaan dari Mahasiswa. Hal tersebut menandakan bahwa kegiatan kampanye berlangsung dengan lancar tanpa hambatan yang berarti.

IMG-6594

Penulis: Cindi Risma Wati – Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
DPL: Dr. Ir. Suzanna Ratih Sari, MM., MA.