Pemasangan Convex Mirror atau Cermin Cembung Guna kurangi angka Kecelakaan di Desa Sidorejo

Convex Mirror atau cermin cembung merupakan kelengkapan tambahan pada jalan yang berfungsi sebagai alat untuk menambah jarak pandang pengemudi kendaraan bermotor, kaca cembung umumnya dipasang pada tepi jalan pada lokasi dimana pandangan pengemudi kendaraan bermotor sangat terbatas atau terhalang khususnya pada tikungan tajam. Pemasangan cermin cembung ini diperlukan guna menekan angka kecelakaan akibat terbatasnya pandangan pengendara bermotor.

Desa Sidorejo memiliki beberapa titik rawan kecelakaan akibat tikungan tajam. Beberapa titik tersebut di antaranya berada di RW 08 RW 07 Dusun Kersan dan Dusun Srogo. Pemasangan cermin cembung di Desa Sidorejo ini dilatar belakangi oleh terjadinya beberapa kecelakaan di titik-titik rawan tersebut. Atas dasar tersebut KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2022 Desa Sidorejo melakukan pemasangan cermin cembung di tiga titik yaitu RW 08 & RW 07 Dusun Kersan dan Dusun Srogo.

Whats-App-Image-2022-08-12-at-08-58-28

Pemasangan cermin cembung ini dilaksanakan pada tanggal 10 & 11 Agustus 2022 dengan dibantu oleh beberapa warga setempat. Pemasangan cermin cembung di ketiga titik tersebut berdasarkan survey yang dilakukan sebelumnya dan atas rekomendasi dari pihak Pemerintah Desa Sidorejo. Dengan pemasangan cermin cembung ini diharapkan angka kecelakaan akibat terhalangnya pandangan pengendara di persimpangan jalan Desa Sidorejo mampu ditekan sehingga menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman untuk berkendara.

Whats-App-Image-2022-08-12-at-08-59-27
Whats-App-Image-2022-08-12-at-09-01-40

Penulis : KELOMPOK 6 DESA SIDOREJO TIM II KKN UNDIP 2022
DPL : dr. Dodik Pramono, M.Si
Lokasi : Desa Sidorejo, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal