Bantu Digitalisi UMKM, Mahasiswa Undip Menuntun UMKM Lamper Kidul Memasarkan Produk di Platform E-Commerce
Rabu (27/07/2022), Virya Dhammawan, salah satu mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro, Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) melakukan sosialisasi pemberdayaan masyarakat mengenai pentingnya digitalisasi serta pemanfaatan teknologi digital secara efektif terhadap perkembangan UMKM di Kelurahan Lamper Kidul, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang.
Kelurahan Lamper Kidul merupakan salah satu kelurahan dari 10 kelurahan yang ada di wilayah kecamatan Semarang Selatan. Posisinya terletak 3 km dari pusat pemerintahan Kota Semarang. Luas wilayah kelurahan Lamper Kidul sebesar 0,75 km2.
Lokasinya relatif dekat dengan pusat kota Semarang, sehingga Kelurahan Lamper Kidul sendiri menjadi pusat perkantoran, perdagangan barang serta jasa. Total penduduk di Kelurahan Lamper Kidul sebanyak 4.290 Jiwa dengan jumlah laki-laki 2097 dan perempuan 2193 dalam 1169 KK. Masyarakat yang bermukim di Kelurahan Lamper Kidul terbagi dalam 6 RW dan 41 RT.
Berdasarkan data dari Gerai Kopimi, yang merupakan komunitas yang menaungi UMKM di Lamper Kidul, jumlah UMKM yang sudah melakukan pemasaran melalui aplikasi e-commerce hanya sekitar 10% dari total 167 UMKM yang terdaftar pada Gerai Kopimi. Alasan yang paling mendasari para pelaku UMKM Lamper Kidul tidak melakukan pemasaran melalui aplikasi e-commerce seperti Shopee yaitu karena kurangnya pengetahuan teknologi khususnya terkait aplikasi e-commerce.
Selain itu, antusias UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital sebagai platform pemasaran juga tergolong rendah, dimana banyak pedagang yang lebih nyaman berjualan secara konvensional karena lebih terbiasa.
Dengan beberapa permasalahan tersebut, dilaksanakanlah dua program dengan tema “Program Sosialisasi Guna Meningkatkan Antusias Penggunaan Media Sosial sebagai Sarana Promosi” dan “Pemberdayaan UMKM Potensial dengan Pengaplikasian Pemasaran melalui Platform E-Commerce”
Program ini dilakukan dengan mengundang seluruh pelaku UMKM di Kelurahan Lamper Kidul dengan naungan komunitas Gerai Kopimi beserta Karang Taruna Bhakti Utomo sebagai pendamping pelaku UMKM yang lebih melek akan teknologi digital. Sosialisasi diawali dengan mempresentasikan pentingnya mulai menggunakan media sosial sebagai sarana promosi dan dilanjut dengan penayangan video demonstrasi cara memasukkan produk yang ingin dijual ke salah satu platform e-commerce yaitu Shopee. Sosialisasi ditutup dengan sesi tanya jawab secara terbuka di dalam forum.
Capaian yang diharapkan dari program ini yaitu meningkatnya antusias pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana pemasaran serta menguasai hal tersebut. Dan alhasil, program berjalan dengan baik diindikasikan oleh respon yang baik serta antusias yang meningkat oleh pihak UMKM serta Karang Taruna Bhakti Utomo dalam memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana pemasaran. Tingginya partisipasi juga dapat dilihat dari keaktifan sesi tanya jawab yang diikutsertai oleh pihak UMKM serta Karang Taruna Bhakti Utomo.