Air Hujan Meluap? Mahasiswa KKN Tim II Undip Ajak Masyarakat RT 003, Pematang Raya untuk Gotong Royong Pelihara dan Perbaiki Saluran Drainase

selokan-2

Pada prinsipnya, mahasiswa KKN TIM II 2022 Universitas Diponegoro (UNDIP) melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) selama kurang lebih 45 hari, yaitu dimulai pada tanggal 4 Juli 2022 hingga 18 Agustus 2022. Dalam melaksanakan program kerja KKN, mahasiswa diberikan tiga tema untuk kemudian disesuaikan dalam penyusunan program. Tiga tema tersebut antara lain Program Pencegahan Narkoba, Program Pencegahan Stunting dan Program yang berkaitan dengan tujuan SDG’s (Suistanable Development Goals). Berkaitan dengan tema yang diberikan, maka mahasiswa membuat program berupa sosialisasi anti narkoba dengan penyebaran poster anti narkoba di berbagai tempat-tempat umum.

Pematang Raya (12/08/2022) Berdasarkan hasil survei lapangan mahasiswa, permasalahan di Kelurahan Pematang Raya adalah meluapnya air hujan sehingga air hujan masuk ke rumah-rumah warga saat huja turun. Hal ini disebabkan oleh saluran drainase yg tidak berfungsi dengan optimal.

drainase-2

Melalui kegiatan KKN Undip Tim II, mahasiswa bekerja sama dengan warga setempat mengadakan program pemeliharaan dan perbaikan saluran drainase. Program ini berhasil terlaksana pada tanggal 30 juli 2022 dan berlangsung dengan baik. Pasca pelaksanaan program, masyarakat Kelurahan Pematang Raya RT 003 telah merasakan manfaatnya. Kalau sebelumnya, saat hujan turun, selalu ada warga yang menerjang deras nya hujan untuk membersihkan saluran drainase dari sampah dan rumput liar, agar air hujan dapat mengalir dan tidak meluap sampai masuk ke dalam rumah warga. Sedangkan pasca pelaksanaan program ini, saat hujan turun air sudah dapat mengalir dengan baik dan lancar sehingga tidak ada yang mengganggu aktivitas warga setempat. Kegiatan ini diikuti oleh 85% warga RT 003 Kelurahan Pematang Raya yang dikontrol oleh seorang ketua RT.

Penulis : Vely Wati Purba – 21080119120023 – Teknik Lingkungan – Fakultas Teknik
Lokasi : Kelurahan Pematang Raya, Kecamatan Raya, Simalungun
Dosen Pembimbing Lapangan : Dr.Heni Rizqiati,S.Pt.,M.Si