Bantu UMKM Bangkit di Tengah Pandemi Covid-19, Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Edukasi Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran bagi UMKM di Era Digital
Karangayu (28/7) – Pandemi Covid-19 memberikan beban yang cukup berat bagi pelaku UMK. Penurunan pendapatan menjadi salah satu alasan sulitnya bertahan di era Pandemi Covid-19. Begitu pula yang dialami oleh salah satu UMKM di Kel. Karangayu yakni UMKM Kripik Tempe Sagu Robani. UMKM yang hanya mengandalkan agen untuk pemasarannya ini cukup mengalami kesulitan penjualan saat pandemi dimana permintaan terhadap produk Kripik Tempe Sagu juga turun. Tidak hanya itu, Ibu Hiryati juga mengalami kesulitan dalam memasarkan produknya secara langsung pada konsumen karena tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan pemasaran konvensional dan belum memahami pemasaran secara digital.
Berdasarkan latar belakang masalah yang terjadi, Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro berinisiatif untuk memberikan edukasi kepada pelaku UMKM mengenai “Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran yang Tepat untuk Meningkatkan Penjualan”. Digital Marketing atau pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merk dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Teknik pemasaran digital marketing ini berbasis internet dan teknologi yang tentunya tidak terbatas pada waktu, ruang, dan biaya.
Edukasi ini dilakukan secara langsung kepada UMKM Kripik Tempe Sagu Robani dengan menggunakan media Modul (buku kecil) dan Ibu Hiryati selaku pemilik umkm juga diberi modul tersebut agar lebih memahami materi yang disampaikan. Adapun materi yang disampaikan berupa definisi digital marketing, jenis jenis digital marketing, cara memulai digital marketing, strategi digital marketing, social media marketing, dan marketing tips.
Adanya Pandemi Covid-19 menyebabkan era digital semakin berkembang pesat sebab semua dituntut untuk serba online. Tentunya, ditengah pesatnya perkembangan teknologi, aktivitas jual beli seharusnya tidak terbatas pada pemasaran offline, tetapi dapat juga dengan pemasaran digital. Dengan adanya pengetahuan akan digital marketing akan memungkinkan UMKM untuk dapat menentukan strategi pemasaran produknya yang tepat secara online untuk dapat memperluas pangsa pasar, meningkatkan awareness dan meningkatkan penjualan bagi UMKM.
Penulis : Aulia Divayanti
DPL : Dr. Noer Abyor Handayani, S.T., M.T
Lokasi : Kelurahan Karangayu, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang
#KKNtimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip