Dukung Kemajuan UMKM: Mahasiswa Undip Ajarkan Warga Menjadi Seorang Wirausaha yang Kreatif dan Inovatif

UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah merupakan kegiatan usaha atau bisnis yang dijalankan oleh individu, rumah tangga, maupun badan usaha kecil. Dalam menjalankan UMKM para pelaku UMKM hendaknya sadar akan pentingnya beradaptasi terhadap perubahan lingkungan. Perubahan lingkungan yang begitu cepat seiring berkembangnya zaman membuat kebutuhan masyarakat semakin meningkat. Dalam merespon akan perubahan tersebut diperlukan pemikiran kreatif dan inovasi terhadap bisnis yang dijalankan.

Peran kreativitas dan inovasi sangatlah penting dan menjadi kunci dalam pengembangan berwirausaha karena mampu menjawab permasalahan yang ada, mengubah suatu masalah menjadi pemikiran yang cemerlang, hadirnya terobosan-terobosan baru, serta mampu mengubah keterbatasan yang ada, sesuatu yang tak mungkin menjadi mungkin.

IMG-0864

Sebagai bentuk dukungan terhadap kemajuan UMKM di RW 05 Kelurahan Gondoriyo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Mahasiswi KKN TIM II UNDIP, Raisya Rahma Aulia Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, melaksanakan kegiatan edukasi kepada warga untuk menjadi seorang wirausaha yang kreatif dan juga inovatif. Kegiatan tersebut meliputi pemberian informasi kepada warga RW 05 bagaimana cara menjadi seorang wirausaha yang kreatif dan juga inovatif mulai dari penentuan target pasar, strategi pemasaran, evaluasi harga dan juga sistem pembayaran yang efektif saat ini.

Whats-App-Image-2022-08-12-at-5-59-37-PM

Kegiatan ini juga dilakukan lantaran kebanyakan para pelaku UMKM di RW 05 hanya menggunakan informasi dan pengetahuan seadanya dalam menjalankan bisnis mereka dan kurang beradaptasi terhadap perubahan lingkungan. Sehingga dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat yang berada di Kelurahan Gondoriyo dapat memanfaatkan informasi dan pengetahuan tersebut dengan sebaik mungkin dalam menjalankan bisnis mereka. Besar harapan pula kegiatan ini dapat berdampak positif terhadap aktivitas bisnis para pelaku UMKM di RW 05.