Meningkatkan Produktifitas Pembudidaya Ikan Lele pada Desa Wisata Kesiman Kertalangu, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Membuat Alat Pemberi Pakan Lele Otomatis

Kesiman Kertalangu (12/08/2022), Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro, Ksatria Bhaskara mengadakan program monodisiplin yaitu “Alat Pakan Ikan Otomatis untuk Pembudidayaan Lele di Wisata Edukasi Teba Majalangu”.

Kegiatan program ini dilaksanakan di tempat Wisata Edukasi Teba Majalangu yang bertempat pada Desa Kesiman Kertalangu, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar (12/08/2022). Program ini dibuat dari permasalahan yang ada, dimana pada pembudidayaan ikan lele kurang maksimal dan kurangnya perhatian dalam pemberian makan lele dari pengelola.

Latar belakang ini sesuai dengan SDGs poin 8 tentang Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, dengan target mencapai tingkat produktivitas ekonomi yang lebih tinggi, melalui diversifikasi, peningkatan dan inovasi teknologi, termasuk melalui fokus pada sektor yang memberi nilai tambah tinggi dan padat karya.

Alat yang dibuat ini merupakan pemberi makan lele otomatis, yang di program melalui mikrokontroler bernama Arduino Uno dengan komponen pembantu seperti Motor Servo dan Modul Real Time Clock (RTC). Cara kerja alat ini pun sangat mudah, jadi pemberian pakan ini akan dilakukan otomatis dengan jam yang sudah ditentukan.

Jadi dengan adanya alat yang dibuat ini, dapat membantu para pengelola ikan lele, harapan selanjutnya juga dapat meningkatkan produktifitas pembudidayaan lele di Desa Wisata Teba Majalangu.

Penulis : I Nengah Ksatria Bhaskara Widyanayaka | Teknologi Rekayasa Otomasi 2019
Dosem Pembimbing Lapangan : Rabith Jihan Amaruli, S.S., M.Hum.