Mahasiswa Gencarkan Gerakan Gemar Makan Ikan Kepada Masyarakat

Whats-App-Image-2022-08-13-at-11-30-55

SEMARANG, 20 JULI 2022- Universitas Diponegoro mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM II yang berlangsung mulai tanggal 04 Juli – 18 Agustus 2022 dengan menerjunkan 20 Mahasiswa di wilayah Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang. KKN ini mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG’s, Program Anti Narkoba & Kesadaran Pencegahan Stunting”.

Dalam KKN ini mahasiswa diharapkan mampu membantu mengajak masyarakat untuk mampu mengoptimalkan sumberdaya yang dimiliki dengan penerapan SDG’s untuk meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan desa. KKN kali ini dilakukan dikala pandemi Covid-19. Selain harus menaati protokol kesehatan, imunitas tubuh juga perlu ditingkatkan.

Guna mendukung hal tersebut Mahasiswa Undip melaksanakan program Sosialisasi GMI (Gerakan Gemar Makan Ikan) untuk meningkatkan imun tubuh dimasa Covid-19. Program ini dilaksanakan oleh Sadida Fathurrahman, Mahasiswa Program Studi S1-Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro.

Program GMI yang dilakukan sadida dilakukan kepada warga RW 08 Kelurahan Sambirejo yaitu edukasi secara langsung dan memberikan sampel olahan ikan guna mendorong peningkatan konsumsi ikan pada masyarakat setempat.

GMI ini memberikan informasi tentang keunggulan dalam mengonsumsi ikan dan bagi anak-anak sejak dini dan pengolahan yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Ikan memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat sehingga dapat mendorong sistem imun dalam tubuh karena tubuh membutuhkan protein dan omega-3 yang cukup.

Selain protein dan omega-3, ikan juga memiliki nutrisi lain seperti asam lemak tak jenuh, vitamin, serta mineral yang semuanya baik untuk daya tahan tubuh. Progam Gemar Makan Ikan (GMI) ini berkaitan dengan program nasional yang dirancang oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan tujuan untuk mengkampanyekan bagaimana pentingnya makan ikan sejak dini.

Program ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi ikan dimasa Covid-19 seperti sekarang.