Sales Promotion, Sebagai Salah Satu Strategi Peningkatan Pemasaran Bagi UMKM
Semarang (28/07/2022) – COVID-19 memiliki dampak langsung terhadap perekonomian masyarakat Indonesia, salah satunya memberikan dampak ekonomi pada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Kelurahan Pesantren. Dengan permasalahan ini mahasiswa Undip yang sedang melaksanakan KKN memiliki inisiatif untuk memberikan edukasi kepada pelaku UMKM terkait sales promotion.
Program pelatihan ini diikuti oleh 2 orang pemilik UMKM di Kelurahan Pesantren (Pondok Dahar Mbak Im). Program kerja pelatihan ini memberikan bimbingan kepada Ibu Imaroh selaku pemilik UMKM Pondok Dahar Mbak Im di Kelurahan Pesantren mengenai apa itu sales promotion dan apa pentingnya sales promotion dalam menjalankan sebuah usaha. Bisnis UMKM yang telah dijalankan oleh warga perlu dipasarkan secara baik dan benar agar produk yang ditawarkan dapat laku. Maka dari itu perlu adanya pengetahuan mengenai strategi yang tepat dalam penjualan guna meningkatkan nilai pemasaran produk UMKM. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan sales promotion. Sales promotion sendiri merupakan program promosi peritel dalam rangka mendorong terjadinya penjualan atau untuk meningkatkan penjualan atau dalam rangka mempertahankan minat pelanggan untuk tetap berbelanja.
Pelatihan dipaparkan dengan secara langsung oleh mahasiswa kepada Ibu Imaroh selaku pemilik Pondok Dahar Mbak Im. Dengan adanya program kerja ini, diharapkan UMKM di sekitar Kelurahan Pesantren terutama Pondok Dahar Mbak Im dapat memahami pentingnya sales promotion sebagai salah satu strategi peningkatan pemasaran UMKM. Dengan adanya pelatihan ini mahasiswa memiliki harapan dapat membantu meningkatkan pendapatan UMKM di sekitar Kelurahan Pesantren.
Penulis : Raditya Jati Wirayuda
Pembimbing : Roro Isyawati P.G., S.IP., M.IP.
Lokasi : Pesantren, Mijen, Semarang, Jawa Tengah