Mahasiswa KKN Tim II Undip Kasih Tips Perilaku Hidup bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah Dasar

Picture1
“Pelaksanaan Program Monodisiplin PHBS di Sekolah Dasar Ignatius Slamet Riyadi”

SEMARANG (12/08/2022) – Pandemi Covid-19 yang sudah mulai mereda menjadikan seluruh aktivitas telah dilakukan secara normal kembali tanpa melalui daring. Anak-anak sekolah sudah mulai melakukan kegiatan pembelajaran secara luring. Lingkungan sekolah harus memfasilitasi pembelajaran dengan meningkatkan kebersihan sekolah untuk mengurangi ancaman penularan penyakit. Selain itu, anak- anak sekolah juga memerlukan edukasi terkait bagaimana berperilaku hidup bersih sehat untuk menghindari penyebaran penyakit di lingkungan sekolah.

Menurut data Departemen Kesehatan Indonesia, sebanyak 60-80% siswa sekolah dasar mengalami penyakit cacingan, serta 45% anak sekolah dasar lainnya mengalami penyakit pencernaan akibat perilaku hidup dan lingkungan yang kurang sehat. Memperhatikan situasi tersebut, mahasiswa KKN TIM II Undip tahun 2021/2022 memberikan edukasi sejak dini serta pemahaman kembali terkait masalah perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekitar.

Untitled
“Kegiatan Sosialisasi Edukasi PHBS dan Praktiknya”

Sosialisasi terkait PHBS ini difokuskan kepada anak-anak SD Slamet Riyadi Kelurahan Bulu Lor melalui program Monodisiplin KKN Tim II Undip 2021/2022 tentang Perilaku Hidup bersih dan Sehat (PHBS). Program ini dilaksanakan pada hari Rabu, 27 Juli 2022. Edukasi yang disampaikan berupa cara cuci tangan, menjauhi rokok dan narkoba, pemilihan jajan sehat, membuang sampah, menjaga kebersihan jamban sekolah, dan aktivitas fisik berupa olahraga. Kegiatan ini dihadiri oleh siswa kelas 4-6 yang terlihat sangat bersemangat dan antusias selama kegiatan serta diakhiri dengan praktik cuci tangan yang benar, pemberian vitamin dan jajan serta penyerahan poster kepada wali kelas sebagai pengingat materi PHBS yang sudah diberikan.

Part-3
“Pemasangan Poster PHBS di Sekolah”

Semua kegiatan berjalan dengan baik, lancar dan sesuai dengan protokol kesehatan. Pemberian sosialisasi edukasi PHBS ini diharapkan dapat berguna untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan diri dan lingkungan khususnya di sekolah karena jika kondisi sekolah, siswa dan para pengajar sehat maka akan menunjang kualitas belajar mengajar.

Penulis : Muhammad Seno Reynaldi_22020119140151_FK Undip
DPL : Dr. Harjum Muharam S,E., M,E.
Lokasi KKN : Kelurahan Bulu Lor, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang