Penanaman jiwa nasionalisme di kalangan anak sekolah dasar WAJIB DILAKSANAKAN !

Nasionalisme

Pelaksanaan edukasi jiwa nasionalisme di SDN50 Kota Medan (Sumber: Dokumen Pribadi)

Medan (23/07) – Mahasiswa Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro telah melaksanakan program mono disiplin yaitu mengedukasikan jiwa nasionalisme kepada anak sekolah dasar untuk meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air dan menanamkan nilai kebangsaan.

Program ini dilaksanakan di ruang kelas SDN 066650 Kota Medan pada hari Sabtu, 23 Juli 2022. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 6. Pelaksanaan program mencakup pemaparan materi pengertian nasionalisme, sejarah singkat perjuangan para pahlawan, mengenalkan beragamnya budaya Indonesia, penerapan jiwa nasionalisme di lingkungan sekolah, rumah dan masyarakat serta bermain permainan rakyat.

Masuknya pengaruh budaya dan ideologi dari berbagai negara membuat kaum muda semakin rentan kehilangan jiwa nasionalisme. Terlebih lagi era globalisasi sangat mempengaruhi cepatnya pertukaran arus budaya di tengah masyarakat. Apalagi ditambah hambatan yang terjadi pada saat pandemi yang membuat sistem pembelajaran berubah menjadi tatap muka, memberikan pengaruh buruk terhadap jiwa nasionalisme. Tantangan yang terjadi menjadikan pembelajaran jiwa nasionalisme berubah ke ranah digital. Pembelajaran online yang serba memanfaatkan teknologi ini secara tidak langsung dapat mengikis rasa cinta tanah air siswa.

Melihat pentingnya nilai-nilai nasionalisme yang lambat laun pudar, menjadikan nilai nasionalisme penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Terlebih di Indonesia dengan masyarakat yang beragam memerlukan nilai tersebut. Berdasarkan Semboyan Bangsa Indonesia, Bineka Tunggal Ika menuntut seluruh masyarakat Indonesia untuk saling menghargai dan menghormati satu sama lain tanpa terkecuali.

Nasionalisme-jeng

Pelaksanaan Permainan Rakyat Ular Naga (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Selama keberlangsungan program, anak-anak sangat antusias dan memberikan respons yang positif terkait program yang dilaksanakan oleh Juandi Silaen selaku mahasiswa yang menjalankan program ini. Pelaksanaan permainan dan beragam quiz yang saya berikan mampu menarik minat anak-anak dalam mendengarkan.

Output-Mono-1

Penempelan Poster Nasionalisme di tembok sekolah SDN 066650 Kota Medan (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Kegiatan ini menjadi salah satu upaya penting dalam meningkatkan jiwa nasionalisme, sikap saling toleransi dan tidak melupakan sejarah perjuangan para pahlawan. Selain itu, pada penerapan dalam kehidupan sehari-hari dapat membantu dalam menjaga kerukunan, kedamaian dan toleransi di tengah masyarakat Indonesia.

Penulis : Juandi Silaen (14010119140116) S1-Ilmu Pemerintahan
Dosen Pembimbing : Dr Heni Rizqiati, S.Pt., M.Si.
Lokasi KKN : Kelurahan Sudirejo 1, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara