Mahasiswa KKN Tim II Undip Memberikan Edukasi Pentingnya Branding dan Mengajak Para Pelaku Usaha untuk Melaksanakan Branding Guna Menghadapi Persaingan Usaha yang Ketat.

UMKM-5

Melonjaknya pandemi Covid-19 yang terjadi secara mendadak dan cukup lama membuat banyak warga mengalami berbagai masalah, salah satunya sektor perekonomian. Hal tersebut terjadi karena kurangnya persiapan warga dalam menghadapi pandemi Covid-19. Banyak masyarakat yang menggunakan tabungannya untuk bertahan hidup selama pandemi karena ada yang kehilangan pekerjaan dan pendapatannya. Karena tidak adanya pekerjaan membuat banyak masyarakat yang mencoba untuk membuat usaha.

UMKM-3
UMKM-7

Dengan adanya persaingan pasar yang tinggi maka masyarakat harus bisa mendirikan brand yang menggambarkan usaha mereka dan mudah untuk dikenali oleh masyarakat. Oleh karena itu adanya “Sosialisasi dan Edukasi Mengenai Pentingnya Branding dalam Menjalankan Usaha dan Cara untuk Melaksanakan Branding Guna Menghadapi Persaingan Usaha yang Ketat” diharapkan mampu memberikan edukasi, pengarahan, dan menambah wawasan kepada warga mengenai pentingnya branding dalam melaksanakan usaha, cara melakukan branding dalam UMKM yang baik dan dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan.
Sasaran dari program ini yaitu para pelaku usaha dan masyarakat umum di Kelurahan Pandansari. Program ini juga mendukung tercapainya SDGs atau Sustainable Development Goals pada tujuan 8 yaitu menjamin pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi bagi seluruh masyarakat.

Penulis : Dian Ira Wanti (S1-Ekonomi, Universitas Diponegoro)

DPL : Dr. Ir. Baginda Iskandar Moeda T., M.Si., IPM