Mahasiswa KKN Tim II Undip Beri Tips Meningkatkan Loyalitas Konsumen Demi Atasi Masalah Pemasaran

Pelaksanaan-sosialisasi-terkait-Strategi-untuk-Meningkatkan-Loyalitas-Konsumen

Gambar: Pelaksanaan sosialisasi terkait Strategi untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Karangasem, Surakarta (12/08/22) – UMKM merupakan salah satu sektor penting yang memiliki kontribusi besar dan berpengaruh positif dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat. Dalam menjalankan bisnis UMKM, banyak kendala yang dialami pelaku usaha dan dapat menyebabkan UMKM tersebut mengalami penurunan. Salah satu kendala yang saat ini banyak dialami para pelaku usaha adalah masalah pemasaran.

Berdasarkan survei yang telah dilakukan, Kelurahan Karangasem saat ini sedang mengembangkan UMKM Singkong Keju Siji Songo yang ditujukan untuk warga RT 01 RW 09. UMKM Singkong Keju Siji Songo tersebut nyatanya juga tak luput dari masalah pemasaran. Pak Anung selaku ketua RW 09 mengatakan bahwa sebelumnya sudah ada UMKM abon lele yang dikembangkan di RW 09, namun UMKM tersebut terpaksa gulung tikar karena pemasaran yang kurang maksimal.

Berdasarkan potensi UMKM serta masalah yang dialami warga RW 09 Kelurahan Karangasem, salah satu mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2022 yang bernama Tasya Dasilva melakukan sosialisasi terkait Strategi untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen di Kelurahan Karangasem, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta. Pelaksanaan sosialisasi terkait Strategi untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen ini sesuai dengan SDGs 8 yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. Tujuan dari program ini adalah untuk membantu UMKM Singkong Keju Siji Songo dalam meningkatkan loyalitas konsumen.

Poster-Strategi-untuk-Meningkatkan-Loyalitas-Konsumen

Gambar: Poster Strategi untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di Masjid Nur Muhammad RW 09 Kelurahan Karangasem pada hari Rabu (27/07) dihadiri oleh 30 warga RW 09 Kelurahan Karangasem serta Bapak Anung selaku ketua RW 09 Kelurahan Karangasem. Materi yang diberikan dalam sosialisasi antara lain adalah pengertian dari loyalitas konsumen dan strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Ibu sulis, salah satu peserta sosialisasi berpendapat bahwa dengan adanya sosialisasi ini dapat menambah pengetahuan para pemilik UMKM terkait pentingnya loyalitas pembeli. Dalam kegiatan tersebut juga terdapat beberapa pemaparan dari program kerja monodisiplin lain yang berhubungan dengan UMKM.

Foto-bersama-beberapa-peserta-sosialisasi

Gambar: Foto bersama beberapa peserta sosialisasi

Harapan dari dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini adalah UMKM Singkong Keju Siji Songo dapat bertahan karena loyalitas dari konsumen. Dengan begitu, UMKM Singkong Keju Siji Songo ini akan terus berkembang dan dapat membuka banyak lapangan pekerjaan untuk warga sekitar. Perkembangan UMKM tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan kondisi perekonomian warga RT 01 RW 09 Kelurahan Karangasem.

Penulis : Tasya Dasilva
Fakultas : Ekonomika dan Bisnis
Dosen pembimbing Lapangan: Oktavianto Eko Jati, S.Pi., M.Si.

#KKNtimIIperiode2022 #p2kknundip #lppmundip #undip