Guna Meningkatkan Pemasaran Dalam Usaha, Mahasiswa KKN Undip Melakukan Pendampingan Digital Marketing Dengan Sosial Media Sebagai Sarana Pemasaran Khususnya Pada Era New Normal.
Pringapus (10/07/2022) Pada era zaman ini sangat lah penting pemasaran digital dalam sebuah usaha. Pemasaran digital merupakan sebuah upaya atau kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan perangkat elektronik atau menggunakan jaringan internet yang dipadukan dengan penggunaan sosial media atau media digital yang memudahkan masyarakat atau konsumen untuk saling berkomunikasi secara online. Dalam upaya mengembangkan pemasaran UMKM yang ada di Kelurahan Pringapus, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro melakukan sebuah pendampingan dalam pemasaran digital di salah satu UMKM yang ada di Kelurahan pringapus yaitu Griya Anisah. Sebelumnya usaha fashion Griya Anisah ini hanya memasarkan produknya secara langsung tanpa menggunakan media internet apapun. Tetapi dikarenakan pada era digital saat ini mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro menawarkan pendampingan dalam mengaplikasikan media digital dalam penjualannya.
Pendampingan dilaksanakan sebanyak empat minggu dan setiap minggunya sebanyak dua atau tiga kali pendampingan. Pemilik usaha fashion Griya Anisah tersebut yaitu Ibu Hj. Umi Anisah yang beralamat di Ds Koplaan, Kelurahan Pringapus. UMKM Griya Anisah ini menjual berbagai jenis pakaian mulai dari anak – anak, remaja, hingga dewasa baik laki – laki maupun perempuan. Tidak hanya pakaian, UMKM ini juga menyediakan sandal atau sepatu fashion baik resmi maupun tidak resmi. Pendampingan digital marketing ini dilakukan dengan pembuatan media sosial yaitu Instagram, dikarenakan Instagram bussiness merupakan platform yang dapat digunakan untuk menjual produk yang dapat menjangkau konsumen secara luas, selain pembuatan akun Instagram, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro juga memberikan edukasi untuk membuat logo usaha yang akan di pakai dengan menggunakan dasar warna merah muda karena lebih condong ke arah fashion dan juga memberikan pendampingan mengenai pengeditan postingan agar lebih menarik menggunakan aplikasi canva dan aplikasi edit foto seperti picsart, dan lain – lain.
Setelah pendampingan pemasaran digital ini, karyawan yang diajarkan cara mengaplikasikan menyampaikan terimakasih karena sebelumnya mereka kurang ahli dalam hal digital marketing, tetapi setelah mempelajari nya karyawan lebih paham dan tau mengenai pemasaran melalui media sosial yang baik dan sesuai.
Penulis : Alya Putri Eka Asmarajati
NIM : 14030119140151
Jurusan : Administrasi Bisnis
DPL : Aghus Sofwan., S.T., M.T., Ph.D