Optimalkan Pelayanan Publik: Mahasiswa KKN Undip Upgrade Daftar Menu Pelayanan Kelurahan Gemah Makin Menarik dan Interaktif

20220810-155754

Bersama Bapak Lurah Kelurahan Gemah, Bagus Santoso, S. STP., MM.

Kelurahan Gemah (10/8/2022) – Mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2021/2022 melakukan program kerja monodisiplin Pembaharuan Daftar Menu Pelayanan Kelurahan Gemah pada minggu ke-VI KKN.

Sistem birokrasi di Indonesia terus melakukan reformasi demi mewujudkan terciptanya good governance. Pemenuhan kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan publik yang baik merupakan tugas penting pemerintah sebagai penyedia layanan. Masyarakat memiliki hak sebagai penerima layanan untuk melakukan pengaduan apabila tidak mendapatkan pelayanan yang diinginkan. Dalam hal ini, kepuasan masyarakat merupakan kunci utama keberhasilan suatu pelayanan publik yang baik seperti tujuan SDGs ke-11 yang secara general mengenai menguatkan masyarakat yang inklusif dan damai untuk pembangunan berkelanjutan, menyediakan akses keadilan untuk semua, dan membangun kelembagaan yang efektif, akuntabel, dan inklusif di semua tingkatan. Kantor Kelurahan Gemah masih minim informasi mengenai langkah-langkah dan persyaratan yang diperlukan dalam melakukan kepengurusan administrasi sehingga terkadang ketika masyarakat datang ke Kantor Kelurahan Gemah untuk mengurus keperluan administrasi masih belum lengkap persyaratannya. Hal ini membuat proses pelayanan menjadi tidak efisien dan efektif karena baik dari pihak kelurahan yang harus menjelaskan kembali persyaratan yang harus dibawa dan pihak masyarakat yang harus pergi lagi untuk mengambil atau mengurus persyaratan yang kurang.

Dalam rangka menciptakan pelayanan publik yang baik kepada masyarakat, diperlukan sistem birokrasi yang mudah agar proses pelayanan publik dapat berjalan secara efisien dan efektif. Hal ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang mengatur tentang prinsip-prinsip pemerintahan yang baik yang merupakan efektivitas fungsi-fungsi pemerintahan itu sendiri. Pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintahan atau koporasi yang efektif dapat memperkuat demokrasi dan hak asasi manusia, mempromosikan kemakmuran ekonomi, kohesi sosial, mengurangi kemiskinan, meningkatkan perlindungan lingkungan, bijak dalam pemanfaatan sumber daya alam, memperdalam kepercayaan pada pemerintahan dan administrasi publik. Terlebih dalam pelayanan Administrasi Kependudukan yang menjadi rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan administrasi kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan sektor lain. Pentingnya administrasi kependudukan bagi pemerintah dan masyarakat maka diperlukan kolaborasi untuk bekerja sama menciptakan proses kepengurusan yang efektif dan efisien mengingat betapa pentingnya kegiatan ini dalam kehidupan masyarakat.

Untuk mewujudkan pelayanan publik yang efektif dan efisien, mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2021/2022 membuat design baru untuk daftar menu pelayanan Kelurahan Gemah yang lebih menarik dan interaktif agar proses pelayanan menjadi lebih mudah. Design terbaru ini kemudian dicetak dalam bentuk standing banner yang diletakkan di depan ruang pelayanan Kantor Pelayanan Gemah agar lebih terlihat oleh publik serta booklet yang nantinya dibagikan kepada masyarakat dan sebagai arsip Kantor Kelurahan Gemah.

Screenshot-304

Design booklet (cover depan)

banner-layanan

Design standing banner

Harapan masyarakat dengan adanya program pembaharuan daftar menu pelayanan ini dapat lebih memudahkan dan memahami mengenai langkah-langkah dan persyaratan dokumen yang diperlukan dalam mengurus administrasi di Kelurahan Gemah serta proses pelayanan dapat menjadi lebih cepat, efektif, dan efisien sehingga kepuasan masyarakat tercapai.

Penulis : Sofia Sri Mahardika/14020119120021/FISIP Administrasi Publik
DPL : Dr. Ir. Wahju Krisna Hidayat, MT.
Lokasi : Kelurahan Gemah, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang