FISIKUYY : MAHASISWA KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO AJAK ANAK KELAS 5 SDIP MUHAJIRIN EKSPERIMEN SERU!

IMG-20220806-WA0017

Gebangsari – Semarang (06/09/2022), Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu bidang pembelajaran yang sudah diajarkan mulai dari Sekolah Dasar. Namun, banyak siswa yang mengeluh tentang betapa susahnya memahami materi IPA tersebut. Ditambah lagi dengan adanya pandemi COVID-19 yang memaksa para siswa untuk mengikuti pembelajaran secara online atau daring, dimana metode pembelajaran tersebut dirasa sangat kurang efektif untuk anak Sekolah Dasar dikarenakan kurang maksimalnya penyampaian materi serta pengawasan terhadap siswa. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang telah kurang lebih 4 semester telah menumpulkan jiwa kreativitas anak Sekolah Dasar. Padahal, di usia mereka ini seharusnya menjadi masa yang baik untuk mengembangkan pola pikir, kemampuan otak, serta kreativitas anak. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro mengajak siswa Kelas 5A Sekolah Dasar Islam Plus Muhajirin di Keluraha Gebangsari untuk belajar IPA melalui percobaan sederhana untuk meningkatkan rasa ketertarikan serta kreativitas anak di Sekolah ini.

IMG-20220806-WA0007

Kegiatan ini diawali dengan memaparkan gambaran garis besar percobaan yang hendak dilaksanakan disertai dengan pembagian modul kepada sekelompok siswa. Ada 2 percobaan yang telah dikenalkan pada siswa SDIP Muhajirin, yaitu percobaan “Mengembangkan Balon Tanpa ditiup” dan “Membuat Simulasi Letusan Gunung Berapi”. Kedua percobaan ini didasarkan oleh Hukum Pascal yang menyatakan tentang “Jika tekanan eksternal diberikan pada sistem tertutup, tekanan pada setiap titik pada fluida tersebut akan meningkat sebanding dengan tekanan eksternal yang diberikan.” Dengan prinsip tersebut maka kedua percobaan tersebut dapat dijelaskan secara sederhana kepada para siswa sehingga dapat dipahami dengan mudah oleh siswa-siswi. Setelah dilaksanakan kedua percobaan tersebut, beberapa siswa diminta untuk me-review serta menjelaskan percobaan yang telah dilaksanakanan. Hasilnya, siswa yang ditunjuk untuk menjelaskan dapat memahami dengan baik materi yang telah disampaikan oleh Pemateri. Diharapkan dengan dilaksanakan edukasi eksperimen sederhana fisika dapat menggugah rasa ingin tahu dan jiwa kreativitas anak sekolah dasar dalam mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) lebih lanjut lagi.

Penulis : Bintang Ridzky Ranindra Putra
DPL : Bgaus Rahmanda, S. H., M. H.
Lokasi : Kelurahan Gebangsari, Kecamatan Genuk, Kota Semarang