Pengenalan E- Commerce Khususnya Situs Jual Beli Online Kepada Pemilik Usaha UMKM, di Tengah Pandemi Covid-19
Plamongansari, Semarang (3/8) – Perdagangan elektronik atau e-commerce adalah model bisnis yang memungkinkan perusahaan atau individu bisa membeli atau menjual barang melalui internet (online). Hampir semua produk, termasuk jasa, tersedia di internet dari mulai makanan, musik, buku, produk rumah tangga, tiket pesawat, investasi bisa dibeli lewat e-commerce. Itu sebabnya, kemajuan teknologi perdagangan elektronik ini dianggap sebagai disrupsi ekonomi. Sarana e-commerce sendiri sangat beragam dari mulai televisi, telepon, dan internet.
Sehubungan dengan kurangnya edukasi mengenai dunia e-commerce dan sistemnya pada masyarakat desa, program ini akan setidaknya membuat mereka tahu tentang e- commerce dan bisa membukakan jalan yang lebih dalam ke dunia investasi.
Mahasiswi KKN TIM II UNDIP di kelurahan Plamongansari memberikan edukasi mengenai pengenalan e-commerce untuk menunjang bisnis di era pandemi covid-19 serta mengadakan pelatihan untuk mengambil gambar yang bagus agar menarik masyarakat untuk membeli dagangan.
Feedback yang diberikan cukup bagus, karena pelaku UMKM antusias dalam mendengar apa yang di sampaikan oleh mahasiswi mengenai e-commerce dan memperhatikan secara seksama cara memfoto produk yang baik agar terlihat lebih menarik
Produk yang ditawarkan adalah masker kain home made atau buatan sendiri yang kemudian di pasarkan melalui shopee dan Instagram.
Berikut adalah contoh foto yang diambil selama pelatihan oleh mahasiswi KKN TIM II UNDIP
Penulis : Hafizha Ni’amillah (Administrasi Publik/FISIP)
Dosen Pembimbing : Dr. Rr. Karlina Aprilia Kusumadewi, S.E.,M.Sc.,Akt.