Survei UMKM di Desa Pacar, Kecamatan.Tirto, Kabupaten.Pekalongan

Jum’at, 5 Januari 2018 Mahasiswa dan mahasiswi peserta KKN Tim I Tahun 2018 Desa Pacar ditemani salah satu perangkat desa yaitu Bapak. Khairudin untuk berkunjung dibeberapa tempat pelaku UMKM. Pada pukul 10.00 WIB  tiba di salah satu rumah warga pelaku UMKM yaitu UMKM Pengrajin Batik yang bernama Bapak.Naas yang fokus dibidang pemotongan kain dan penjahitan hingga menjadi pakaian jadi. Setelah itu kami dan Bapak Khairudin melanjutkan ke rumah ketua RW.1 yang juga merupakan pelaku UMKM yang bergerak dibidang Kuliner, produknya berupa snack – snack, dan jajanan pasar. Yang dikelola Ibu.Mira istri ketua RW.1. Berikutnya kami menuju ke rumah Bapak Ahmad Mujahidin yang juga salah satu pelaku UMKM bergerak di usaha roti.

Perjalanan kami akhiri karena pada siang itu bertepatan dengan hari Jum’at, maka kami menunaikan ibadah sholat Jum’at di Masjid Nurul Huda yang lokasinya berdekatan dengan rumah singgah kami.

Berlanjut dihari berikutnya Sabtu, 6 Januari 2018 kami hendak mengunjungi rumah Ketua RW.2, (Bapak Casmani) dalam perjalanan kami mendapati ada salah satu UMKM yang bergerak dibidang Konveksi Batik Kayra milik Bapak.Edi Riyadi yang diantaranya menghasilkan baju, celana, dress, gramis, dll. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke rumah Bapak Casmani dan dalam perjalanan kami sempat tersesat di jalan. Untungya pada saat yang bersamaan Bapak Casmani sedang berkeliling di Desa dan melihat kami yang sedang tersesat dan menghampiri serta mengantarkan kami dirumah beliau. Ditempat itu kami menanyakan apa saja permasalahan apa saja yang dialami oleh warga RW.2. Setelah itu kami berkunjung di rumah Bapak Kepala Dusun (Bapak.Mustofa) yang kemudian kami diantar keliling untuk menyambangi UMKM di daerah RW.2.