“SIPITING” !! MAHASISWA KKN UNDIP TURUT SERTA PERKUAT UMKM LOKAL DESA TASIKHARJO REMBANG

REMBANG (2/08)-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro, Devita Fitri Nur Zuwandani (FISIP) mengadakan SIPITING “Sosialisasi dan Implementasi Pentingnya Digital Marketing untuk Memperkuat UMKM Lokal” dengan cara sharing pengetahuan dan pengalaman mengenai digital marketing untuk memperkuat eksistensi UMKM Lokal dalam rangka meningkatkan perekonomian warga Desa Tasikharjo.

Whats-App-Image-2022-08-13-at-08-17-16-1

“Pelaksanaan Sosialisasi dan Implementasi Pentingnya Digital Marketing untuk Memperkuat UMKM Lokal”

Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan informasi terkait digital marketing yang dapat digunakan untuk memperluas jangkauan pemasaran, sekaligus mendampingi pelaku UMKM agar bisa membuat sosial media dan memanfaatkannya dengan baik. UMKM menjadi salah satu aspek yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari berbagai pihak karena saat ini UMKM telah menjadi salah satu penopang perekonomian Bangsa Indonesia. Terlepas dari itu semua, para pelaku UMKM berlomba-lomba untuk memajukan usahanya dengan melibatkan penggunaan teknologi yang terus berkembang. Salah satu cara yang dapat dilakukan ialah dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi digital dan internet sebagai sarana dalam mengenalkan produk ke masyarakat. Terbukti bahwa di tahun 2021 sebanyak 9,2 juta UMKM Indonesia on-boarding digital untuk mewujudkan keberhasilannya.

Whats-App-Image-2022-08-13-at-08-17-16

“Simbolis Pemberian Poster sebagai Media Informasi Kepada Pelaku UMKM Rengginang Terasi”

Digital marketing adalah kegiatan pemasaran atau promosi sebuah merek dan produk yang dilakukan dengan memanfaatkan media digital serta internet dengan tujuan untuk menarik konsumen atau calon konsumen secara cepat.
Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa FISIP itu didasarkan untuk menjawab kegelisahan yang dirasakan oleh pelaku UMKM Desa Tasikharjo. Dimana berdasarkan survey yang dilakukan olehnya, ditemukan fakta bahwa pelaku UMKM belum mampu memaksimalkan promosi produknya sehingga penjualan produk miliknya masih belum maksimal. Maka dari itu, program ini dilakukan untuk membantu mencari penyelesaian masalah yang telah dirasakan oleh pelaku-pelaku UMKM lokal khususnya di daerah-daerah kecil.

Program ini dilaksanakan dengan memberikan penjelasan terkait digital marketing serta manfaat dan keunggulan digital marketing dengan menggandeng pelaku UMKM Rengginang Terasi milik Ibu Sunarti warga Desa Tasikharjo, yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan pendampingan kepada pelaku UMKM untuk membuat sosial media agar dijadikan sebagai media promosi secara online.

Whats-App-Image-2022-08-13-at-08-21-31

“Implementasi Pembuatan Sosial Media dan Postingan Promosi ProduK UMKM”

Tidak hanya itu saja, Mahasiswa KKN juga melatih Ibu Sunarti (Pelaku UMKM Rengginang Terasi) untuk memosting produk miliknya di facebook pribadi miliknya dan dikomunitas jual-beli Rembang dengan harapan dapat memperluas jangkauan pemasaran hingga di berbagai daerah.
Penulis : Devita Fitri Nur Zuwandani/ 14030119120013 (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)
DPL : Ojo Kurdi, S.T., M.T., Ph.D
Lokasi : Desa Tasikharjo, Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah