Mahasiswa KKN UNDIP Tim 2 2021/2022 Buat Peta Tata Guna Lahan Kelurahan Pedurungan Lor, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang

Kelurahan Pedurungan Lor, Semarang (7/14) — Tema KKN TIM II tahun 2022 ini yaitu pembangunan berkelanjutan/ Sustainable Development Goals (SDG’s), stunting, dan narkoba.

Kelurahan Pedurungan Lor merupakan kelurahan yang berada di Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah. Daerah yang memiliki potensi hasil ikan pancing ini menjadi salah satu sasaran wilayah yang dijadikan lokasi KKN Undip. Kelurahan Pedurungan Lor memiliki kurang lebih 10 RW dan 65 RT yang mana sebagian besar penduduknya merupakan warga pribumi dan mayoritas pekerjaannya adalah buruh serta wiraswasta. Secara Geografis Kelurahan Pedurungan Lor merupakan dataran rendah, dengan luas ± 1,7 km2. Sebagaian besar wilayahnya terdiri dari tanah kosong dan sebagian untuk pemukiman penduduk. Oleh karena itu perlu adanya perencanaan tata guna lahan untuk mengetahui potensi lahan guna memilih, mengadopsi, dan menentukan pilihan penggunaan lahan terbaik dalam ruang berdasarkan potensi dan kondisi biofisi, ekonomi, dan sosial untuk meningkatakan produktivitas dan ekuitas, dan menjaga kelestarian lingkungannya.
Dalam pembuatan peta tata guna lahan Kelurahan Pedurungan Lor ini Keterbatasan informasi mengenai peta penggunaan lahan dan potensi di Kelurahan Pedurungan Lor menjadi salah satu faktor penting yang harus diperhatikan dalam upaya mengembangkan potensi dan pembangunan infrastruktur di Kelurahan Tambangan dimana terdapat lahan yang masih potensial yang belum dimanfaatkan. Masalah ini diangkat dalam rangka mendukung SDGs Goal 9 (Infrastruktur dan Inovasi Sesuai Kebutuhan).
Dengan adanya peta yang memetakan penggunaan lahan peta pengolahan lahan dan potensi ini dapat memudahkan dalam proses perencanaan pengembangan potensi dan pembangunan infrastruktur yang belum ada.

penyerahan-tgl

Berdasarkan data yang didapatkan sebagian besar lahan di Kelurahan Tambangan ini masih dipenuhi oleh Kawasan permukiman dan kebun. Pembuatan peta tata guna lahan ini dilakukan dengan servey penginderaan jauh serta dibantu dengan data-data dari Dinas Penataan Tata Ruang Kota Semarang menggunakan software ArcMap 10.3.

Penulis: Muhammad Haviz Ramdhani
DPL: Dr. Ir Wiludjeng Rossali M. Si.
Lokasi KKN: Pedurungan Lor, Pedurungan, Kota Semarang

Peta-TGL-A3