Apa itu Budikdamber? Mahasiswa KKN UNDIP Melakukan Pelatihan Teknik Akuaponik dengan Budikdamber sebagai Peningkatan Bahan Pangan

(Semarang 21/07/2022) – Kelurahan Kandri merupakan Desa Wisata di Kota Semarang yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Gunungpati. Pada daerah wisata alam tersebut yaitu di RW.03 belum banyak warga yang terjun untuk membudidayakan sayuran serta ikan dalam satu tempat. Maka dari itu Mahasiswa KKN UNDIP melakukan Pelatihan Teknik Akuaponik dengan Budikdamber.

20220721-102102

Kegiatan ini masuk kedalam tema utama KKN UNDIP yaitu Sustainable Development Goals (SDGs) ke-12 yang berkaitan dengan “Memastikan Pola Konsumsi dan Produksi yang Berkelanjutan”. Program ini bertujuan untuk mengenalkan dan mengembangkan budidaya sayuran dan ikan lele dengan sistem Budikdamber (Budidaya Ikan dalam Ember) serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan warga secara umum.

IMG-2766

Budidaya ikan dalam ember mengadaptasi teknik budidaya aquaponik yang memadukan antara budidaya ikan dan sayuran dalam satu tempat yang dapat dilakukan di lahan sempit. Jenis sayuran yang dapat dibudidayakan yaitu seperti selada, sawi, pakcoy atau kangkung. Teknik perbanyakan sayuran ini bisa dilakukan dengan menyemai benih ataupun menanam bibit. Sedangkan jenis ikan yang dapat dibudidayakan yaitu ada ikan lele.

IMG-20220721-103658

Pelatihan Akuaponik ini dihadiri oleh ibu-ibu yang berada di RW.03 Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati. Para Ibu-ibu sangat antusias dalam praktek budikdamber dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi tentang bagaimana cara perawatan yang baik dan benar, agar untuk kedepannya dapat dikembangkan sendiri.

Penulis : Ivana Rizkya Putri
S1 Agroekoteknologi/ Fakultas Peternakan dan Pertanian
Dosen Pembimbing : Dra. Retno Hestiningsih, M. Kes.
Lokasi : Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunung Pati, Jawa Tengah

#KKNTIMIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip