Siap Hadapi Era Digital, Mahasiswa KKN Undip Buatkan Website untuk UMKM Kalipancur Agro

Whats-App-Image-2022-08-09-at-18-33-48Dokumentasi Pembuatan Website UMKM Kalipancur Agro

Kalipancur agro merupakan kelompok tani yang berada di RW 04 Kelurahan Kalipancur yang mana bergerak dibidang pembibitan tanaman terutama tanaman buah. Pada pelaksanaannya kelompok tani Kalipancur Agro ini masih menjual produk hasil pembibitannya secara individu dengan promosi penjualan masing – masing. Selain itu, data bibit yang dihasilkan dari kelompok tani Kalipancur Agro ini tidak terhimpun menjadi satu kesatuan kelompok.
Program kerja ini berupa pembuatan Web yang ditujukan kepada kelompok tani Kalipancur Agro yang bertujuan untuk menghimpun data produk pembibitan supaya terintegrasi menjadi satu kesatuan dalam sebuah web. Selain itu juga program kerja ini bertujuan untuk memperluas promosi produk dari UMKM Kalipancur Agro ini melalui laman web. Program kerja ini ditujukan untuk mendukung program Sustainable Development Goals (SDG’s) point ke 8 yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.
Program pembuatan web ini dilaksanakan mulai dari hari Selasa, 2 Agustus 2022 yang sampai saat ini masih terus dikembangkan agar isi dari web yang dibuat dapat lebih baik dan sempurna. Web UMKM Kalipancur Agro sendiri dapat diakses pada laman web kalipancuragro.wordpress.com
Dengan adanya program kerja ini diharapkan dapat meningkatkan promosi serta penjualan produk dari kelompok tani Kalipancur Agro sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya pada kelompok tani Kalipancur Agro dan masyarakat RW 04 Kelurahan Kalipancur pada umumnya.

Oleh : Rico Dika Pamungkas
DPL : Ir. Bambang Sulistiyanto, M. Agr., Sc., Ph.D., I.P.U.