Mahasiswa Undip Permudah Administrasi PAUD Mawar RW 01 Kelurahan Kebon Bawang dengan pembuatan Sistem Informasi Berbasis Spreadsheet

Kebon Bawang, Jakarta (5/7/2022) – – Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro 2021/2022, Noventinus Surya Cipto, melaksanakan program monodisiplin untuk memabntu optimalisasi dan digitalisasi administrasi PAUD Mawar RW.01 Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kemajuan teknologi saat ini telah memudahkan manusia untuk melakukan segala macam hal. Salah satunya adalah manajemen. Dengan bantuan aplikasi di setiap komputer atau gawai, proses pengumpulan dan pengelolaan data yang dulunya memakan waktu lama dan melelahkan dapat dilakukan dengan lebih cepat, lebih ringkas, dan lebih teliti. Pelaksana tugas administrasi, termasuk staf di PAUD Mawar RW.01 Kelurahan Kebon Bawang, harus memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut semaksimal mungkin.

Berdasarkan survei yang dilakukan di PAUD Mawar RW 01 Kebon Bawang, ditemukan bahwa kesulitan dalam pengelolaan administrasi absensi, pembayaran, dan pendataan biodata siswa, karena kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai dalam membuat pembukuan administrasi PAUD dan keterbatasan pengetahuan terkait pengelolaan administrasi yang efektif.

Oleh sebab itu Noventinus Surya Cipto sebagai salah satu mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2022 melakukan optimalisasi pembukuan PAUD Mawar RW 01 dengan lebih efektif berbasis Spreadsheet. Hal ini dipertimbangkan karena basis spreadsheet merupakan platform yang paling mudah diakses dimanapun menggunakan hampir semua gawai yang ada di zaman modern ini.

mono-1

Hal pertama yang dilakukan adalah mengumpulkan semua data, dan berdiskusi dengan pihak PAUD Mawar tentang template yang diinginkan didalam spreadsheet. Lalu Mahasiswa membuat template dan sistem yang diinginkan dalam spreadsheet untuk absensi dan pembayaran serta memasukkan semua biodata siswa. Setelah semua selesai mahasiswa melakukan penyuluhan kepada staff PAUD Mawar RW 01 tentang bagaimana menggunakan sistem yang sudah dibuat. Sehingga memudahkan semua staff untuk mengakses dan mengedit data dimanapun berada.

mono

Melalui pelaksanaan program Monodisiplin ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan edukasi pengetahuan kepada PAUD Mawar RW 01 mengenai pengelolaan administrasi PAUD Mawar melalui pembentukan pembukuan pembayaran, absensi secara digital berbasis Spreadsheet sehingga kedepannya administrasi dapat dilakukan secara lebih efektif dan efesien.