Mahasiswa KKN Adakan Pemberdayaan Masyarakat Mengenai Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba kepada Warga Jatingaleh

Semarang (28/07/22) – Pada Kamis, 28 Juli 2022, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro meliponegoro melaksanakan kegiatan “Pemberdayaan Masyarakat Mengenai Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Melalui Pembuatan Poster di Kelurahan Jatingaleh” dalam rangka mendukung agenda utama pemerintah Republik Indonesia, yaitu pencegahan penyalahgunaan narkoba pada masyarakat Indonesia.

Berdasarkan persoalan tersebut, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro melaksanakan kegiatan pemberdayaan mengenai pencegahan penyalahgunaan narkoba. Kegiatan diawali dengan pembagian tim yang akan melaksanakan kegiatan dan koordinasi dengan pemangku jabatan pada Kelurahan Jatingaleh. Setelah itu, tim KKN melakukan riset mengenai informasi-informasi terkait serta menyusun informasi tersebut ke dalam poster dengan semenarik mungkin. Selanjutnya, edukasi mengenai bahaya narkoba, dampaknya terhadap potensi SDM, dasar-dasar hukum dan program pemerintah mengenai pencegahan penyalahgunaan narkoba dilakukan sebelum melakukan penempelan poster.

Besarnya angka penduduk Kelurahan Jatingaleh, turut membuat tingginya tingkat kekhawatiran mengenai pengunaan narkoba aterutama dikalangan siswa sekolah. Itulah mengapa perlu dilakukannya pemahaman mengenai bahaya narkoba pada setiap sekolah melalui edukasi dengan media poster atau pamphlet yang disebar pada tempat tempat strategis. Lebih lanjut juga, bentuk program ini diharapkan mampu memberikan secerca edukasi dengan sajian visual yang menarik dan mudah dimengerti kewaspadaan masyarakat Kelurahan Jatingaleh terhadap penyalahgunaan narkoba sebagai perwujudan dari tema Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba KKN Tim II Undip Tahun 2021-2022 serta dalam mendukung komitmen kita dalam agenda Sustainable Development Goals (SDGs).

Kendati demikian, kurangnya literasi dari masyarakat kita menjadi suatu polemik kemungkinan hambatan yang terjadi. Namun, dengan disajikannya suatu visual yang menarik serta mudah dimengerti ini tentunya akan mempermudah masyarakat sekitar untuk dapat memperhatikan, meningkatkan serta mencegah sekaligus penyalahgunaan Narkoba yang terjadi. Lebih lanjut juga, setelah melakukan survei lokasi selama 1 minggu kami telah menemukan titik titik yang yang menjadi pusat lalu-lalang masyarakat sekitar sehingga edukasi visual tersebut dapat dibaca dan dipahami oleh masyarakat sekitar.

Picture1

Sedang melakukan penyebaran poster di RW 02 Kelurahan Jatingaleh (Sumber: Dok. Pribadi)

Picture2

Sedang melakukan penyebaran poster di RW 04 Kelurahan Jatingaleh (Sumber: Dok. Pribadi)

Picture3

Sesi Dokumentasi Bersama ibu Machfud sebagai perwakilan dari Ibu-Ibu FKK RW 02 (Sumber: Dok. Pribadi)

Atas terselenggarakannya kegiatan ini, Bu Machfud selaku Ketua FKK Kelurahan Jatingaleh memberikan apresiasi kepada Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro. “Bagus banget ya tim mahasiswa KKN sudah membuat penjelasan yang menarik dan lengkap”, ucap Bu Machfud. Keberlanjutan kegiatan ini selain diharapkan mampu mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba di Kelurahan Jatingaleh, juga diharapkan dapat diteruskan oleh pihak perangkat Kelurahan Jatingaleh, dan ibu – ibu FKK Jatingaleh.

Penulis:
Clarisa Yolandyta Praditias K – 40040619650004 – Str. Teknik Listrik Industri
Daffa Alfarizy – 15000119130182 – S1 Psikologi
Dara Sartika – 26050119120007 – S1 Oseanografi
Ghiffary Akmal A. P. – 11000119190592 – S1 Ilmu Hukum
Gracia Feodora Nurmala – 11000119130559 – S1 Ilmu Hukum

DPL: Farid Agushybana, SKM, DEA, Ph.D

Lokasi: Kelurahan Jatingaleh, Kecamatan Candisari, Kota Semarang