DENGAN ADANYA MAHASISWA KKN MENCANANGKAN PROGRAM LATANSI (LANSIA TANPA HIPERTENSI) DI DESA KRIKILAN, KELURAHAN KALIJAMBE

tumbnail

KKN Tim II UNDIP dilaksanakan di salah satu desa yang terletak di Kabupaten Sragen tepatnya di Kelurahan Kalijambe, Desa Krikilan. Diawali dengan perizinan kemudian tim II KKN UNDIP melakukan survei pada minggu pertama untuk melihat berbagai potensi yang ada serta mendapati adanya masalah yang salah satunya di bidang kesehatan.
Salah satu RT di Desa Krikilan tepatnya di RT 12 melalui POSBINDU (Pos Binaan Terpadu) ternyata masih banyak dijumpai lansia yang mengalami hipertensi. “Yang penting tidak merasa pusing tidak masalah mbak”, ujar Bu Maryati, salah satu lansia di RT 12.
Tentu saja hal ini menarik perhatian khususnya saya yang berasal dari bidang kesehatan. Hipertensi adalah penyakit tekanan darah tinggi yang banyak dijumpai pada lansia, namun seringnya tidak bergejala dan tidak jarang banyak diabaikan oleh penderitanya. Hipertensi yang dibiarkan tanpa kontrol rutin dapat menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan di masa mendatang seperti penyakit stroke dan jantung. Rendahnya pengetahuan dan kepedulian akan bahaya dari hipertensi tentu saja memerlukan penanganan lebih lanjut.
Pada hari Minggu, 31 Juli 2022 KKN Tim II UNDIP di Kelurahan Kalijambe, mahasiswa Lia Lesmana Wahyu Pamungkas dari Fakultas Kedokteran UNDIP dibawah bimbingan Bapak Oktavianto Eko Jati, S.Pi., M.Si, melaksanakan program monodisiplin yang bertemakan kesehatan yang berjudul “Sosialisasi Bahaya Hipertensi pada Lansia”. Sasaran dari program ini adalah para lansia yang bertempat tinggal di RT 12 Desa Krikilan, Kalijambe, Kelurahan Kalijambe.

Picture2

(Pengukuran tekanan darah sebagai Langkah awal pencegahan hipertensi)

Program ini dilaksanakan di salah satu rumah warga setempat yang bersedia menyediakan tempat untuk dilaksanakannya program ini dan dihadiri sebanyak 38 lansia. Program ini diawali dengan melakukan pengukuran tekanan darah pada lansia yang hadir. Program ini dilaksanakan melalui penyuluhan meliputi apa itu hipertensi, faktor-faktor penyebab hipertensi, gejala hipertensi, komplikasi hipertensi, hingga cara mencegah dan apa yang harus dilakukan jika mengalami hipertensi. Media intervensi yang digunakan dalam pelaksanaan program ini adalah dengan leaflet/brosur yang dibagikan kepada para lansia yang hadir kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab dan diakhiri dengan pengukuran tekanan darah untuk memantau tekanan darah para lansia.

Picture3

(Leaflet yang dibagikan kepada para lansia yang hadir untuk mempermudah dalam pemahaman materi)

“Terimakasih mbak sudah membagi ilmunya. Programnya bagus dan semoga saya beserta ibu-ibu disini semakin rajin memeriksa tekanan darahnya. Maaf kalau kami banyak tanya”, ujar Bu Bibit salah satu lansia di RT 17.
Diharapkan program ini dapat memberikan manfaat berupa meningkatkan pengetahuan masyarakat setempat terutama lansia agar lebih memperhatikan kesehatannya terutama karena lansia rentan mengalami hipertensi dan rutin memeriksakan tekanan darahnya. Program ini sesuai dengan SDG’s WHO nomor tiga yaitu good health and well being.
#KKNtimIIperiode2022 #p2kknundip #lppmundip #undip
Penulis : Lia Lesmana Wahyu Pamungkas
Fakultas : Kedokteran
Oktavianto Eko Jati, S.Pi., M.Si.