Harga Pakan Ikan Mahal? Bikin Pakan Sendiri Aja

(Semarang 21/07/2022) – Harga pakan ikan komersial yang semakin naik menjadi masalah tersendiri bagi para pembudidaya ikan. Biaya produksi pakan ikan memakan biaya yang besar yaitu sekitar 40 – 75% dari biaya produksi. Pakan ikan yang memiliki kandungan gizi terutama kandungan protein yang tinggi harganya akan semakin mahal. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan membuat pakan ikan secara mandiri, dengan membuat pakan ikan secara mandiri biaya produksi tidak akan membengkak. Program sosialisasi tentang pembuatan pakan ikan mandiri menjadi salah satu program kerja monodisiplin. Sosialisasi dilaksanakan pada hari Kamis, 21 Juli 2022 pada jam 11.30 – 12.00.

Pembuatan pakan ikan mandiri memerlukan beberapa bahan yaitu tepung ikan, dedak, dan tepung tapioka serta air. Tepung ikan sebagai penyumbang protein terbesar dari bahan lainnya sebanyak 58 – 68% dan tepung tapioka berfungsi sebagai perekat pakan, namun sebelum dicampurkan dengan bahan lainnya tepung tapioka dimasak terlebih dahulu dengan air hingga mengental. Setelah semuanya tercampur kemudian adonan pakan tadi dikeringkan, akan lebih baik jika memiliki alat pencetak pakan.
Pembuatan pakan ikan mandiri selain dapat menekan biaya produksi, kita dapat menyesuaikan kandungan protein dalam pakan sesuai dengan kebutuhan tanpa takut biaya produksi membengkak.

Penulis : Akbar Sadjari Syahdjudan – S1 Akuakultur/Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Dosen Pembimbing : Dra. Retno Hestiningsih, M. Kes
Lokasi : Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunung Pati, Jawa Tengah
#KKNtimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip