Penjualan Terhambat? Strategi Marketing Mix 4P Salah Satu Solusinya
Cibabat, Cimahi – Pandemi benar-benar mempengaruhi pendapatan masyarakat tidak terkecuali pelaku UMKM, para pelaku UMKM memutar otak supaya bisnisnya bisa terus berjalan saat pandemi contohnya membuat usahanya menjadi go-online, namun tetap saja peningkatan penjualan tidak naik secara signifikan, maka dari itu ada banyak hal-hal/strategi yang bisa digunakan dalam meningkatkan penjualan, salah satunya dengan Strategi Marketing Mix. Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan.
Marketing mix adalah suatu strategi pemasaran yang menggabungkan beberapa (4P = Product, Price, Place, Promotion) elemen di dalamnya secara terpadu. Manfaat Marketing Mix diantaranya, Memahami target market dengan produk atau layanan yang sesuai kebutuhan, Memahami kapan waktu terbaik untuk mempromosikan produk atau layanan kepada target market, Menghemat biaya dengan menggunakan kekuatan bisnis yang ada, serta, Perencanaan, pengembangan, dan pelaksanaan strategi pemasaran berjalan lebih efektif.
Edukasi strategi ini dilaksanakan secara langsung ke tempat-tempat kepada pelaku usaha yang ada di wilayah Cibabat pada tanggal (10/08/2022) dengan cara menjelaskan tiap point dari 4P tersebut dan juga pemasangan beberapa poster agar dapat dibaca oleh masyarakat setempat.
(Penjelasan Marketing Mix kepada salah satu pelaku usaha)
Pemberian edukasi tersebut diharapkan dapat memberikan wawasan dan pemahaman yang baru untuk diaplikasikan kepada para pelaku usaha agar meningkatkan keuntungan serta bersaing secara sehat dengan para pelaku usaha lainnya.
Penulis: Aliyya Malik (Fakultas Ekonomika dan Bisnis)
Dosen Pembimbing: Drs. Dul Muid, M.Si., Akt.
Lokasi KKN: Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat.