Mahasiswa KKN Undip Perkenalkan Digitalisasi UMKM melalui Pendampingan dan Pemanfaatan Platform Digital sebagai Media Promosi untuk Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional.

Semarang – Mahasiswa Tim II KKN Undip 2022 melakukan kegiatan pendampingan dan pemanfaatan platform digital sebagai media promosi dalam pengembangan UMKM di Kelurahan Pedurungan Tengah, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang pada Sabtu (23/07/2022).

Whats-App-Image-2022-08-13-at-00-28-41

Berdasarkan data Kemenkop UKM, kontribusi UMKM terhadap PDB mencapai 61,07 persen dan mampu menyerap tenaga kerja dengan porsi 97 persen, sehingga mempunyai peran strategis dalam perekonomian nasional. Selama masa pandemi membuat para UMKM menjadi sulit dalam mengembangkan usahanya, karena nyatanya masih banyak UMKM yang bergantung pada berjualan secara langsung baik itu di pasar maupun berkeliling, hal itu yang membuat pendapatan dari UMKM menjadi menurun.

Dalam hal ini, Jeva Shifananda Virapaksi Putra sebagai mahasiswa KKN Tim II Undip tahun 2021/2022 memberikan program pendampingan dan pelatihan pemanfaatan platform digital sebagai media promosi dalam pengembangan UMKM di Kelurahan Pedurungan Tengah. Program ini dilaksanakan selama dua minggu terhitung mulai dari 23 Juli sampai dengan 7 Agustus 2022.

Program pelaksanaan ini dilakukan satu minggu sekali karena menyesuaikan dengan jadwal dari pihak UMKM sendiri. Pada pertemuan awal, mahasiswa sebagai pengajar memberikan materi terkait digitalisasi UMKM, seperti manfaat digital marketing, dan pengenalan platform digital yang bisa digunakan untuk memasarkan produk usaha. Pada pertemuan selanjutnya, pelaku UMKM diberikan pelatihan dalam pemanfaatan platform digital sebagai media promosi, seperti pembuatan akun instagram bisnis, google my business, dan shopee sebagai pengembangan UMKM untuk memperluas pasar.
Pelaku usaha juga diberikan informasi tambahan terkait pengelolaan sosial media seperti, penataan feed instagram, foto produk, dan caption untuk memudahkan konsumen mendapatkan informasi terkait harga dan deskripsi produk yang dipasarkan.

Pendampingan dan pelatihan pada UMKM yang dilakukan mendapatkan respon positif dari pelaku UMKM. Salah satu pemilik UMKM, Bu Eka merasa sangat terbantu dengan adanya mahasiswa dari Tim II KKN Undip yang mengajarkan bagaimana memanfaatkan platform digital sebagai media promosi UMKM miliknya.

“Saya merasa sangat terbantu dengan adanya program yang di ajarkan, menurut saya program tersebut membantu mempermudah saya dalam memasarkan produk yang saya punya. Saya juga bisa memahami pentingnya digitalisasi UMKM bagi pelaku usaha,” ungkap Bu Eka dalam wawancara setelah kegiatan selesai.

Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Rr. Karlina Aprilia Kusumadewi, S.E., M.Sc., Akt.
Kelurahan Pedurungan Tengah, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang
KKN Universitas Diponegoro Tim II 2021/2022