Mahasiswa KKN UNDIP Ajak UMKM untuk Menggunakan WhatsApp Business
Semarang (23/07/2022), Mahasiswa KKN UNDIP melakukan sosialisasi penggunaan WhatsApp Business pada UMKM di Kelurahan Kebonagung. Para pelaku usaha perlu mengetahui pentingnya pemasaran digital agar mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi.
Warga kelurahan Kebonagung rata-rata bermata pencaharian pedagang. Selain itu pada kelurahan ini juga terdapat Kampung Eduwisata Lunpia yang menjadi ciri khas kelurahan kebonagung. Disebut Kampung Eduwisata Lunpia karena daerah ini merupakan pertama kali pembuatan lunpia sehingga banyak masyarakat yang menjual Lunpia.
Para pelaku usaha dapat memanfaatkan aplikasi gratis seperti WhatsApp Business untuk memasarkan produk atau jasa dan memudahkan pelaku usaha dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Aplikasi ini berbeda dengan WhatsApp Messeger yang biasanya digunakan untuk berkomunikasi secara personal dengan orang lain. Beberapa pelaku usaha di kelurahan Kebonagung masih belum mengetahui aplikasi WhatsApp Business ini. Mereka masih menggunakan WhatsApp Messeger untuk mempromosikan produknya. WhatsApp Business adalah aplikasi gratis untuk para pemilik bisnis seperti UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang memudahkan komunikasi dengan pelanggan yaitu balas pesan otomatis, sortir pesan, dan menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat.
Selain itu WhatsApp Business juga dapat digunakan sebagai media pemasaran untuk mempromosikan produk atau jasa dari pemilik bisnis karena memiliki fitur katalog. Pelanggan dapat melakukan pembelian secara langsung dengan melihat produk yang tersedia pada katalog. Penggunaan WhatsApp Business juga memiliki manfaat untuk meningkatkan performa bisnis menjadi lancar.
Sosialisasi dilakukan dengan cara mendatangi pemilik usaha di Kelurahan Kebonagung. Kemudian mahasiswa KKN menjelaskan cara membuat akun WhatsApp Business dan penggunaan fitur-fitur yang terdapat pada Aplikasi. Adanya program ini diharapkan dapat membantu UMKM di Kelurahan Kebonagung dalam meningkatkan pemasaran produknya.
Penulis : Hasnul Haya Arriyani (Fakultas Ilmu Sosial dan Politik/14030119130065)
DPL : Alfita Rakhmayani, S.E., M. Ak