KKN Universitas Diponegoro : Mahasiswa Melakukan Sosialisasi Strategi Pemasaran untuk UMKM
Pondok Kacang Timur, Tangerang Selatan (3/8) – Berfungsinya strategi pemasaran suatu UMKM sangat penting karena dapat meningkatkan nilai ekonomis UMKM. Pemasaran yang ditargetkan meningkatkan nilai barang dan jasa. Pemasaran sangat penting karena membantu UMKM mencapai tujuan bisnisnya.
Fokus utama UMKM harusnya adalah meningkatkan penjualan sendiri, termasuk memeriksa kualitas produk. Tapi itu tidak semua. Pemasaran yang baik juga meningkatkan Brand Awareness. Riset sangat penting ketika mempelajari strategi pemasaran produk UMKM. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui keinginan dan perilaku konsumen. Oleh karena itu, para pengusaha dapat dengan mudah memenuhi harapan konsumen melalui produk yang mereka hasilkan. Pemasaran di perusahaan menengah sebagai esensial perusahaan.
Hal diatas disampaikan pada hari Rabu, 3 Agustus 2022 di acara pelatihan kegiatan produksi bakso yang disenggalarakan oleh kelurahan Pondok Kacang Timur, Tangerang Selatan. Pada acara pelatihan tersebut yang bersangkut paut dengan tema UMKM, materi tentang strategi pemasaran disampaikan kepada peserta acara tersebut. Guna pemberian materi strategi pemasaran adalah agar para peserta memahami pentingnya strategi pemasaran pada UMKM/perusahaan.
Sosialisasi Strategi Pemasaran membawa hasil yang positif kepada para peserta. Peserta kegiatan pelatihan produksi pembuatan bakso mengamati penyampaian materi oleh Adeela Afra (Mahasiswi Universitas Diponegoro) dengan seksama dan juga mencatat poin-poin penting dari materi pentingnya strategi pemasaran UMKM.
Penulis : Adeela Afra
Dosen Pembimbing Lapangan : Muhammad Mu’in, S.Kep., M.Kep., Ns.S (FK)
Lokasi : Kelurahan Pondok Kacang Timur, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan.