Solusi Untuk Limbah Organik Rumah Tangga, Mahasiswa Undip Membuat Komposter Sederhana

Bendan Ngisor (13/08/2022) – Dari dulu sampah selalu menjadi permasalahan yang pelik bagi masyarakat maupun pemerintah. Peningkatan volume sampah semakin hari semakin meningkat. Peningkatannya pun tidak terbatas pada volume saja namun keragaman jenis sampah pun meningkat. Beberapa penyebab meningkatnya volume sampah ialah peningkatan jumlah penduduk, berubahnya gaya hidup dan kesejahteraan masyarakat, dan meningkatnya industri pertanian maupun non pertanian.

Pengelolaan sampah volume kecil akan lebih mudah dibanding volume besar. Oleh karena itu pengelolaan sampah akan lebih baik dan berhasil jika dilakukan di tingkat produsen sampah paling awal yakni ditingkat rumah tangga. Salah satu bentuk pengelolaan sampah rumah tangga adalah dengan cara mengolah sampah menjadi pupuk organik cair. Atas dasar hal tersebut lah Mahasiswa KKN Undip membuat alat komposter sederhana untuk memanfaatkan limbah organik hasil rumah tangga menjadi pupuk kompos.



Demonstrasi Penggunaan Komposter Sederhana oleh Mahasiswa Undip

Selain membuat komposter sederhana, dilakukan juga demonstrasi cara penggunaan komposter sederhana sehingga limbah dapat menjadi pupuk kompos. Dengan pembuatan komposter sederhana ini, diharapkan limbah-limbah organik hasil rumah tangga dapat dimanfaatkan kembali menjadi pupuk sehingga tidak mencemarkan lingkungan.

Penulis: Ariq Imam Mursyd 21050118130085 Fakultas Teknik
Dosen Pembimbing Lapangan: Agustin Erna Fatmasari, S.Psi., M.A.