Pemberian Hand Sanitizer dan Sosialisasi Cara Pembuatannya

20220805-080558-1

Pandemi Covid-19 belum juga berakhir pada tahun 2022 ini. Sehubungan dengan pencegahan Covid-19 yang salah satunya dengan membersihkan tangan sebelum makan atau minum dan melakukan kegiatan, Hand sanitizer dapat menjadi alternatif jika tidak ada air ataupun sabun ditempat. Hand sanitizer sudah menjadi barang wajib dibawa kemanapun kita berada. Oleh karena itu, tujuan dari sosialisasi ini yakni agar memudahkan warga untuk membuat hand sanitizer sendiri di rumah karena menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di toko bahan kimia dan menggunakan bahan alami yang mudah ditemukan disekitar pekarangan rumah.

Pemberian produk hand sanitizer dan sosialisasi cara pembuatannya ini dilakukan pada tanggal 5 Agustus 2022 tepat pukul 08.00 WIB di basecamp rw 01 kelurahan kranggan. Kegiatan ini di hadiri sekitar 20-25 ibu-ibu PKK warga rw 01 kelurahan kranggan.

Handsanitizer berfungsi untuk membunuh virus dan bakteri yang menempel dimana-mana. Handsanitizer yang akan dibuat merupakan handsanitizer yang aman. Adapun bahan-bahan yang digunakan yakni alkohol minimal 60%, gliserol atau gel lidah buaya, serta H2O2 3%. Tahapan-tahapan setelah menjelaskan mengenai bahan apa saja yang dibutuhkan kemudian di bahas mengenai langkah-langkah pembuatan serta takaran bahan yang diperlukan. Setelah dijelaskan bahan-bahan dan prosedur pembuatanya, kemudian pemberian prototype hand sanitizer oleh kelompok KKN TIM II UNDIP.

20220805-080809

Di samping itu, KKN TIM II UNDIP juga lakukan sosialisasi terkait pentingnya melaksanakan protokol kesehatan secara ketat melalui penerapan 5 M (Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak, Menjauhi krumunan, dan Membatasi mobilitas). Hal ini diharapkan dapat menyadarkan masyarakat bahwa pandemi belum berakhir.

Peserta yang hadir begitu antusias menerima arahan dari KKN TIM II UNDIP. Dengan demikian, KKN TIM II UNDIP berharap agar adanya kegiatan ini dapat menyadarkan masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan selama masa pandemi serta dapat mempraktikkan langsung cara pembuatan hand sanitizer.

Penulis: Febiyanti Azis, Mahasiswa S-1 Keperawatan, Fakultas Kedokteran, KKN Reguler Tim II Universitas Diponegoro 2022, Kelurahan Kranggan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang.
Dosen Pembimbing: Dr.Ir. Baginda Iskandar Moeda T., MSi, IPM