GEBRAKAN MAHASISWA TIM II KKN UNDIP MEMBAGIKAN SUSU SAPI SEGAR DI POSYANDU RW 01 KELURAHAN PEKUNDEN

photo1660378896

Indonesia termasuk dalam jajaran negara dengan tingkat konsumsi susu yang masih rendah. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2020, menyatakan bahwa jumlah rata-rata konsumsi susu di Indonesia hanya sekitar 16,27 kg/kapita/tahun. Angka tersebut masih berada dibawah negara tetangga seperti Malaysia 26,20 kg/kapita/tahun, Myanmar 26,70 kg/kapita/tahun, dan Thailand 22,20 kg/kapita/tahun.

Terlebih pada saat ini terdapat wabah PMK yang kemungkinan bisa saja menurunkan minat warga untuk mengonsumsi susu karena takut susu tersebut mengandung virus. Walaupun sebenernya susu hasil perahan sapi perah yang terjangkit PMK masih aman untuk dikonsumsi.

Dengan begitu, mahasiswa KKN Tim 2 Universitas Diponegoro, Medinna Asri Nahariha membagikan susu sapi segar kepada masyarakat di RW 01 Kelurahan Pekunden sebagai gerakan awal untuk mengajak masyarakat aktif dalam mengonsumsi susu sapi segar.

Susu sapi memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Dalam 100 gram susu sapi mengandung air (88,3 gram), energi (61 kal), protein (3,2 gram), lemak (3,5 gram), karbohidrat (4,3 gram), kalsium (143 mg), fosfor (60 mg), dan zat besi (1,7 mg).

Manfaat susu sapi bagi kesehatan:
1. Meningkatkan massa tulang
2. Menurunkan lemak tubuh
3. Menjaga kesehatan jantung
4. Menurunkan tekanan darah
5. Mengurangi natrium dalam tubuh
6. Mencegah pertumbuhan kanker
7. Meningkatkan mood bahagia
8. Mencegah penyakit oseteoarthritis
9. Meningkatkan imunitas tubuh
10. Mempercepat penyembuhan luka
11. Mencegah gangguan tidur di malam hari
12. Tingkatkan nafsu makan
13. Mempertajam memori otak
14. Mencegah diabetes tipe 2
15. Mengurangi peradangan tubuh
16. Mencegah gigi berlubang
17. Memelihara fungsi mata

Putih-Simple-Daily-Motivation-Poster

Konsumsi susu yang ideal setiap hari disesuaikan berdasarkan kelompok usia.
• Usia 1 – 10 tahun : konsumsi susu setidaknya 100 – 150 ml untuk dapat memenuhi kebutuhan 450 – 500 mg kalsium per hari
• Usia 11 – 18 tahun : konsumsi susu setidaknya 200 – 250 ml untuk dapat memenuhi kebutuhan 800 – 1.000 mg kalsium per hari
• Usia 19 – 50 tahun : konsumsi susu setidaknya 200 ml
• Usia di atas 50 tahun : konsumsi susu setidaknya 200 ml untuk dapat memenuhi kebutuhan 180 mg kalsium per hari

Cara mengolah susu sapi segar ialah sebagai berikut:
1. Saring susu terlebih dahulu, agar tidak ada partikel lain yang tercampur dalam susu
2. Rebus susu dengan api sedang mencapai suhu 75 derajat celcius
3. Selama proses perebusan susu sapi terus diaduk secara perlahan
4. Ketika sudah muncul buih atau gelembung matikan api
5. Hindari susu sampai mendidih, karena dapat merusak kasein dalam susu