PENINGKATAN FASILITAS KESEHATAN DI KELURAHAN SIWALAN DENGAN PEMBUKAAN POSBINDU,POSREM,DAN MEDICAL CHECK UP

Siwalan (31/06/2022) Mahasiswa KKN TIM UNDIP 2021/2022 di Kelurahan Siwalan melaksanakan kegiatan pembukaan POSBINDU,POSREM,dan Medical Check Up. Dikarenakan belum ada fasilitas kesehatan seperti POSBINDU,POSREM,dan Medical Check Up serta terkait dengan program KKN TIM II UNDIP 2021/2022. Berkaitan dengan program KKN TIM II UNDIP 2021/2022 bertemakan mengenai stunting. Maka dari itu, mahasiswa KKN TIM II UNDIP melaksanakan pembukaan POSBINDU,POSREM,dan Medical Checkup.

IMG-1342-2

Posbindu merupakan pos pembinaan terpadu untuk mendeteksi penyakit tidak menular sedini mungkin. Sasaran dari Posbindu itu sendiri merupakan masyarakat yang memiliki usia 15 tahun keatas. Posbindu bisa dikatakan sebagai kegiatan UKBM yaitu Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat yang biasanya dilakukan oleh kader masyarakat.

Sedangkan,Posyandu Remaja (Posrem) merupakan salah satu bentuk UKBM (Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat) yang dikelola dari, oleh, untuk dan bersama remaja. Sasarannya, remaja usia 10 hingga 18 tahun. Dan dikelola oleh Karang Taruna di Kelurahan Siwalan. Sedangkan kegiatan medical check up dilaksanakan untuk mendeteksi tingginya angka penderita hipertensi dan mendeteksi angka stunting di Kelurahan Siwalan. Sehingga, masyarakat dapat menyadari sejak dini pencegahan penyakit tidak menular seperti hipertensi dan pencegahan stunting pada anak-anak.

IMG-1336-1

Pelaksanaan program kerja pembukaan POSBINDU,POSREM,dan Medical Check Up ini dilakukan dengan mengumpulkan masyarakat di balai RW 02 dengan menerapkan protokol kesehatan seperti 5 M (Memakai masker, Mencuci tangan dengan memakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan serta Membatasi mobilitas dan interaksi) untuk melakukan pengecekan kondisi kesehatan warga Kelurahan Siwalan penderita Penyakit Tidak Menular (PTM). Kegiatan pembukaan POSBINDU,POSREM,dan Medical Check Up dibuka oleh kepala puskesmas Gayamsari dan Ibu Niken selaku Lurah Kelurahan Siwalan. Kemudian dilakukan penyerahan secara simbolis alat – alat kesehatan yaitu timbangan, pengukur tinggi badan , dan pengukur tensi darah. Kegiatan posbindu di Kelurahan Siwalan ini rencananya akan dilaksanakan setiap satu bulan sekali.

IMG-1319-1

Peran penulis selaku mahasiswa FEB Undip jurusan Akuntansi dalam pelaksanaan program pembukaan POSBINDU,POSREM,dan Medical Check Up yaitu sebagai bendahara pelaksana. Yang mencatat segala pengeluaran dalam kegiatan tersebut seperti konsumsi, pembelian alat-alat kesehatan, dan bannerdan poster

Harapannya dengan pembukaan POSBINDU,POSREM,dan Medical Check Up dapat meningkatkan fasilitas kesehatan di Kelurahan Siwalan dan masyarakat di Kelurahan Siwalan dapat sadar akan pentingnya mendeteksi penyakit terutama stunting pada anak-anak dan penyakit tidak menular lainnya.

Alauna Rafi Faida – FK Undip 2019
Christian Adi Syahputra Hutaur – FT Undip 2017
Febriana Cahya Ningtias – FK Undip 2019
Nilam Ayu Rengganis – FSM Undip 2019
Oka Pahala Ramadhan – FH Undip 2019
Salsabila Shafa Tonia – FEB Undip 2019
Thoriq Haikal Mulya – SV Undip 2018
Dosen Pembimbing : Ir. R.T.D. Wisnu Broto, M.T.
Kelurahan Siwalan, Kecamatan Gayamsari
KKN Undip Tim II Kota Semarang 2021/2022