PENTINGNYA BELAJAR SEJARAH! MAHASISWA KKN UNDIP MEMBERIKAN PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN RASA NASIONALISME SEJAK DINI PADA ANAK-ANAK SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN PANUNGGANGAN

Sejarah merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang peristiwa masa lalu. Di mana dalam peristiwa sejarah akan terdapat pelaku dan saksi sejarah. Akan tetapi dalam mempelajari sejarah, kita tidak hanya menggali informasi tentang peristiwa masa lalu, melainkan proses peristiwa sejarah harus dikonstruksi secara obyektif. Maka dari itu, untuk mengungkapkan suatu peristiwa sejarah dibutuhkan pemikiran yang diakronis dan sinkronis. Dalam artian, diakronis adalah memanjang dalam waktu dan menyempit dalam ruang atau dengan kata lain berpikir secara kronologis. Di mana kronologis merupakan kejadian-kejadian secara berurutan sesuai dengan waktu peristiwa kejadian. Sedangkan untuk sinkronik merupakan pemikiran yang meluas dalam ruang dan menyempit pada waktu. Di mana sejarah secara sinkronik menjelaskan tentang aspek yang mempengaruhi terjadinya peristiwa sejarah berdasarkan kurun waktu tertentu.

Oleh karena hal itu pembelajaran sejarah dianggap penting, khususnya untuk sejarah Indonesia itu sendiri. Di mana untuk setiap warga negara Indonesia diharuskan untuk mengetahui tentang sejarah bangsanya. Hal ini dimaksudkan untuk menimbulkan rasa cinta tanah air yang tinggi untuk membentuk satu kesatuan yang utuh antar warga Indonesia. Maka dari itu mahasiswa KKN UNDIP TIM II Tahun 2021/2022 membuat program terkait program pengajaran sejarah kepada anak-anak Sekolah Dasar di Kampung Kosong, Kelurahan Panunggangan, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang.

Screenshot-2022-08-13-203551

Dokumentasi Kegiatan Program Pengajaran Sejarah Indonesia

Program pengajaran sejarah dilakukan guna untuk membentuk jiwa kebangsaan dan cinta tanah air yang tinggi sejak dini kepada anak-anak Sekolah Dasar di Kampung Kosong. Hal ini didasari oleh rasa kepedulian agar tidak terjadinya kebutaan terhadap peristiwa-peristiwa masa lalu, terkhusus tentang sejarah bangsa Indonesia yang merupakan bangsa kita sendiri. Pelaksanaan kegiatan pada program ini diawali dengan pencarian referensi terkait materi pembelajaran yang mana metode pengajaran dan materinya menyesuaikan sasaran kegiatannya yaitu, anak-anak Sekolah Dasar. Di mana untuk menarik program pengajaran tersebut kami menampilkan video animasi mengenai sejarah Kemerdekaan Indonesia. Sehingga hal ini dapat meningkatkan rasa antusiasme anak-anak Sekolah Dasar untuk mengikuti kegiatan pembelajaran yang berlangsung.

Kegiatan pengajaran sejarah dilakukan pada Jumat, 22 Juli 2022 dengan target anak-anak Sekolah Dasar di Kampung Kosong. Jalannya kegiatan tersebut dapat dikatakan lancar karena, adanya bimbingan dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Karnoto, S.T., M.T yang terus memberikan bimbingan terhadap program yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa KKN, dan juga untuk masyarakatnya sangat antusias terhadap program pengajaran sejarah ini, khususnya anak-anak Sekolah Dasar di Kampung Kosong. Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut diharapkan anak-anak Sekolah Dasar di Kampung Kosong menjadi melek akan sejarah, khususnya sejarah bangsa Indonesia.

Penulis: Indah Bulan Sari (S1 Ilmu Sejarah)
DPL: Karnoto, S.T., M.T.
Lokasi: Kampung Kosong, Kelurahan Panunggangan, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang

#KKNTimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip