Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro Periode 2022 Mengenalkan Pentingnya Branding UMKM Pada Pelaku UMKM Kelurahan Wonotingal
UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah merupakan usaha atau bisnis yang dimiliki dan dijalankan secara individu, kelompok, badan usaha kecil, maupun rumah tangga yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. UMKM di Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian negara karena keberadaan UMKM telah berkontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi, seperti menjadi penyumbang PDB terbesar, penyerap lapangan kerja terbanyak, dan relatif tahan terhadap krisis keuangan.
Namun, setelah kurang lebih 2 tahun kota Semarang menghadapi pandemi covid-19 banyak sektor yang terpengaruh dan terdampak akibat adanya lockdown dan PPKM. Salah satunya pada kegiatan para pelaku UMKM, yang menyebabkan terhambatnya kegiatan penjualan dan menyebabkan kondisi ekonomi warga menurun, sehingga saat ini para pelaku UMKM sedang merintis kembali usaha mereka.
Pada kesempatan kali ini salah satu mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro Periode 2022 mengenalkan pentingnya branding UMKM kepada pelaku UMKM di Kelurahan Wonotingal secara door to door sebagai upaya meningkatkan performa UMKM yang ada di Kelurahan Wonotingal. Kegiatan yang dilakukan berupa pemberian penjelasan mengenai pentingnya branding sebuah produk, macam-macam platfrom media sosial untuk mempromosikan produk, dan kegiatan bazar UMKM yang ada di kota Semarang dalam bentuk leaflet sebagai salah satu cara untuk dapat mempromosikan usaha yang dimiliki para pelaku UMKM.
Penulis : Veronica Bella Anggraeni PutriMarlita
Dosen Pembimbing :Farid Agushybana, SKM, DEA, Ph.D.
Lokasi : Kelurahan Wonotingal, Kecamatan Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah