Pentingnya Strategi Pemasaran Untuk Menarik Hati Pelanggan Dalam Membeli Produk UMKM Di Desa Kandri. Yuk Simak Beritanya!
Semarang (9/8/2022) – Kelurahan Kandri merupakan salah satu kelurahan yang berada di Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Potensi di Kelurahan Kandri tergolong cukup banyak dan sudah banyak wisatawan yang datang dari berbagai kota. UMKM yang terdapat di Kelurahan Kandri juga beragam, terdapat sekitar 120 lebih UMKM yang mengolah singkong menjadi cemilan sehat yang dapat dikonsumsi orang banyak seperti tape singkong, keripik singkong, getuk, telo medug, wingko singkong, dll.
Dalam upaya mengembangkan UMKM yang dapat bersaing dan kreatif serta menjangkau pangsa pasar yang lebih global, diperlukan bimbingan yang dapat mendukung pemahaman pelaku untuk terus maju dan berinovasi. Salah satu caranya adalah dengan strategi pemasaran.
Untuk menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan pelanggan yang kuat dan menguntungkan, diperlukan strategi pemasaran yang handal. Selanjutnya, pelaku UMKM dapat merancang bauran pemasaran yang terintegrasi untuk menghasilkan respons yang diinginkan dalam pasar sasaran. Dengan strategi pemasaran yang handal, perusahaan merancang bauran pemasaran terintegrasi yang terdiri dari 4P (product, price,place,promotion). Hal inilah yang ingin dicapai di dalam program KKN kali ini.
Berdasarkan hasil survey, Potensi UMKM di Kelurahan Kandri tergolong cukup besar dan beragam. Sebagian besar penduduknya menanam pohon singkong dan menjalankan UMKM di bidang makanan. Sebagian besar produk yang dijual adalah olahan singkong seperti keripik singkong, getuk, telo medug, wingko singkong, dll. Namun, dibalik itu ternyata masih terdapat potret nyata permasalahan-permasalahan yang hadir di tengah-tengah masyarakat Kelurahan Kandri. Berbagai sektor permasalahan yang nampak, mulai dari pelaku UMKM yang mengalami penurunan penjualan, belum mampu untuk mengetahui aspek-aspek apa saja yang diperlukan untuk bisa meningkatkan penjualan, bagaimana strategi pemsaran yang baik serta apa yang harus disiapkan untuk menuju kesana.
Melihat potensi dan permasalahan yang dialami oleh para pelaku UMKM di Kelurahan Kandri, mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2022 berinisiatif untuk membuat program mengenai pelatihan terkait strategi pemasaran melalui matriks 4P bagi UMKM. Program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai cara agar produk mereka bisa dikenal masyarakat lebih luas lagi.
Pada Hari Selasa, 9 Agustus di Kelurahan Kandri diadakannya Sosialisasi dan Pelatihan Strategi Pemasaran 4P guna mengembangkan bisnis UMKM di Kandri. Sosialisasi dan pelatihan tersebut dilakukan dengan mengedukasi secara langsung pelaku UMKM di desa Kandri dengan memberikan pemahaman dengan media cetak buku yang berisi booklet elemen strategi pemasaran.
Para pelaku UMKM sangatlah antusias dalam mengikuti pelatihan ini. Sehingga dengan adanya kegiatan edukasi yang telah diberikan ini dapat membantu dan memudahkan pelaku UMKM lainnya dalam mencatat aliran keuangan yang masuk dan keluar demi mengembangkan UMKM dalam jangka waktu panjang kedepannya.
Penulis: M. Alfarez Prajantoro
S1 Teknik Industri/Fakultas Teknik
Dosen Pembimbing : Dra. Retno Hestiningsih, M. Kes.
Lokasi: Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunung Pati, Jawa Tengah
#KKNtimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip