Mahasiswa KKN UNDIP Viralkan Kembali Jarkom Taratakdung pada Kegiatan Rumah Cerdas

Leyangan (16/07/2022), Desa Leyangan merupakan Desa dengan penduduk yang cukup banyak terutama anak-anak. Pada masa pandemi ini, anak-anak merasa kesulitan dalam memahami materi pelajaran ataupun melatih kreativitas diri. Hal ini membuat mahasiswa tersadar dan menciptakan sebuah program yang disebut Rumah Cerdas. Rumah Cerdas merupakan program edukasi untuk meningkatkan kreativitas dan membangun semangat belajar anak-anak melalui pembelajaran yang menyenangkan. Rumah Cerdas merupakan program edukasi dengan 4 tema yaitu kegiatan melukis pada minggu pertama, kegiatan belajar Bahasa Inggris pada minggu kedua, serta kegiatan belajar membuat origami dan edukasi mengenai NAPZA (secara khusus ditujukan kepada remaja di Dusun Jetis) pada minggu ketiga. Program ini dilaksanakan setiap hari Sabtu, tepatnya pada tanggal 16, 23, 30 dan 31 Juli 2022 dan bertempat di halaman rumah Saudara Rizqy Irma selaku Kepala Dusun Jetis. Peserta yang mengikuti kegiatan rumah cerdas ini merupakan anak-anak yang berjumlah sekitar 15-25 anak. Pada program Rumah Cerdas NAPZA yang dikhususkan untuk para remaja Dusun Jetis “ORJELA”, dihadiri oleh 15-20 remaja.

IMG-5381

Program Rumah Cerdas ini merupakan program unggulan kedua yang bertujuan untuk melatih kreativitas dan menambah wawasan anak-anak di Dusun Jetis, Desa Leyangan melalui kegiatan melukis bersama, belajar Bahasa Inggris, dan membuat origami, serta mengedukasi para remaja mengenai bahaya NAPZA. Sebelum dilakukannya program Rumah Cerdas mahasiswa KKN UNDIP melakukan siaran melalui microphone dan speaker milik Ibu Kepala Dusun Jetis dengan jarkom pagi yang dulu sempat viral yaitu Jarkom Taratakdung. Jarkom itu berbunyi “Taratakdung 2022, taratakdung taratakdung, taratak tak takdung”. Selain menambah semangat dan menarik perhatian anak-anak Dusun Jetis untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan Rumah Cerdas, jarkom tersebut juga mengundang tawa para mahasiswa KKN UNDIP dan warga sekitar.

IMG20220723145230

Program Rumah Cerdas ini terbilang berhasil dilakukan karena anak-anak sangat antusias pada saat kegiatan berlangsung dapat dilihat dari banyaknya peserta yang hadir, keaktifan anak-anak, banyaknya pertanyaan yang ditanyakan, dan suasana ceria dan menyenangkan dari anak-anak ketika mengikuti kegiatan. Begitu juga dengan sosialisasi NAPZA, para remaja terlihat antusias dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang ditanyakan pada saat sesi diskusi dan tanya jawab.

IMG-20220801-WA0000

Penulis: Aisha Shahraini Bahrain – 24020119130123 – Biologi Fakultas Sains dan Matematika
Lokasi: Dusun Jetis, Desa Leyangan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
Dosen Pembimbing Lapangan: Damar Nurwahyu Bima, S.Si., M.Si.